Yang Harus Anda Ketahui Lebih Jauh Tentang Donor Darah

Sebagai makhluk sosial tentu anda memiliki keinginan untuk berbuat mulia. Donor darah adalah salah satu hal yang bisa anda lakukan, selain beramal, donor darah juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Anda tidak perlu takut mendonorkan darah, berikut adalah beberapa manfaat donor darah yang bisa anda rasakan :

donor darahMemperlancar Peredaran Darah

Darah itu ada waktu usangnya, semakin lama harus diperbaharui agar tugas yang dijalankannya lancar. Kalau anda secara teratur mendonorkan darah, maka sel-sel darah anda akan diperbaharui. Dengan mendonorkan darah anda akan terhindar dari resiko tersumbatnya arteri.

Mengecek Kesehatan

Ketika anda pergi untuk mendonorkan darah, sebelumnya darah anda akan dicek dulu. Nantinya petugas PMI akan menentukan bilamana darah anda layak pakai atau tidak. Sebelum darah anda diambil, petugas akan memeriksa jenis darah, tekanan darah dan denyut nadi anda.

Pencegahan Penyakit Kanker

Kanker bisa terjadi bila konsentrasi zat besi dalam darah anda terlalu tinggi. Donor darah adalah solusi untuk menjauhkan anda dari kanker karena darah anda berkurang sedikit. Tapi anda tak perlu khawatir, zat besi yang terbuang akan segera diganti melalui makanan yang kita konsumsi.

Donor Darah Untuk Menurunkan Berat Badan

Di darah terdapat lemak darah, donor darah adalah salah satu cara untuk membuang lemak darah. Efeknya berat badan anda akan ikut berkurang. Jadi selain dengan diet, anda juga bisa menurunkan berat badan dengan mendonorkan darah.

Tubuh Semakin Sehat

Melakukan donor darah serutin mungkin akan membuat tubuh anda lebih sehat. Menurut penelitian, sekelompok orang yang rutin mendonorkan darahnya rata-rata umurnya 4 tahun lebih panjang ketimbang mereka yang tidak pernah melakukan donor darah.

Jadi donor darah itu manfaatnya banyak lho, anda tidak perlu takut. Anda tidak hanya beramal, tubuh anda juga akan lebih sehat. So tidak ada yang kurang kan? Jadi bagaimana, masih takut mendonorkan darah atau tidak?

author
No Response

Comments are closed.