Wow Sakit Pinggang Sangat Menyakitkan. Ini Cara Mengatasinya …

Ketika anda mengeluhkan rasa tidak nyaman di pinggang maka bisa dipastikan ada sesuatu yang terjadi pada fungsi dan susunan tulang belakang anda. Tulang belakang disusun oleh sejumlah ruas yang membentuk sebuah kesatuan sehingga memungkinkan anda untuk melakukan banyak gerakan seperti membungkuk, jongkok, duduk, memutar, hingga berdiri. Di antara deretan tulang belakang ini terdapat persendian yang membuat tubuh anda bisa berputar baik ke kiri maupun ke kanan.

sakit pinggang

Setiap bagian fungsional ini terhubung dengan jaringan saraf yang mengontrol rasa nyeri. Gangguan apapun yang terjadi pada daerah ini akan mengakibatkan rasa nyeri di pinggang anda. Gejala peradangan juga bisa berimbas pada munculnya rasa sakit di pinggang. Jika rasa nyeri ini muncul dan anda tidak mencari solusi apapun untuk mengatasinya, maka dalam jangka panjang rasa sakit dan kaku ini akan merembet ke bagian atas tulang belakang anda hingga punggung menjadi bungkuk dan kaku.

Secara spesifik, sakit pinggang disebabkan oleh :

  1. Fungsi tulang belakang yang mengalami gangguan pada strukturnya dan disebabkan oleh gangguan mekanik
  2. Terjadinya kesalahan pada sikap tubuh ketika mengangkat beban dan membungkuk
  3. Terganggunya posisi tulang belakang karena tumit yang meninggi sehingga daerah pinggang memiliki lengkungan ke depan karena pemakaian sepatu berhak tinggi. Bila anda terlalu sering memakai sepatu berhak tinggi, maka sakit pinggang pun akan lebih sering anda rasakan
  4. Posisi tidur yang tidak nyaman karena tulang belakang yang berubah-rubah bentuk mengikuti bentuk alas tidur
  5. Penurunan jaringan dan lenturnya persendian karena jarang berolahraga, karana hal ini otot-otot jadi rentan cedera meskipun anda hanya melakukan gerakan simple seperti membungkuk, mendorong, dan mengangkat

Selain karena gangguan fisik, sakit pinggang juga bisa disebabkan oleh gangguan penyakit antara lain karena gangguan metabolic, penyakit tulang, kanker, penyakit jantung hingga terganggunya fungsi ginjal. Jika anda merasakan nyeri di pinggang karena gangguan ginjal maka hal ini biasa ditandai dengan warna air kemih yang berubah.

Agar anda terhindar dari nyeri karena sakit pinggang anda disarankan untuk hidup lebih aktif dengan lebih banyak bergerak, berolahraga, dan menghindari posisi tubuh yang kurang menguntungkan seperti terlalu sering membungkuk, berbaring datar, dan sebagainya. Selain itu, ada beberapa cara tradisional yang bisa dipakai untuk mengatasi sakit pinggang yaitu :

  1. Sediakan temu hitam segar, jahe merah segar, akar sawi langit segar dan daun dewa segar dengan takaran @30 gram. Setelah itu semua bahan direbus dengan tambahan 600 cc air hingga menyisakan 300 cc air saja. Saring lalu minum saat masih hangat.
  2. Sediakan buah takokak sebanyak 100 gram, rambut jagung 30 gram, jahe merah segar 20 gram dan adas sebanyak 10 gram. Campur dengan 600 cc air dan rebus sampai hanya tersisa 300 cc saja. Saring dan diminum saat masih hangat.
  3. Ambil cabai rawit yang tangkainya sudah dibuang, jahe (iris tipis) lalu rendam bersama campuran alkohol 75% hingga 2 minggu. Setelah 2 minggu air rendaman dipakai untuk dioles di daerah pinggang yang terasa nyeri.

Rasa sakit di pinggang memang menggangu sekali tapi anda bisa atasi dengan cara yang kami sampaikan di atas. Selamat mencoba dan semoga sakit pinggang anda segera sembuh.

author
No Response

Comments are closed.