Tips Diet Sehat Pria dan Wanita Yang Perlu Anda Coba

Tips diet sehat saat ini mulai banyak dicari oleh para pria maupun wanita, ini menandakan bahwa saat ini banyak sekali orang yang memiliki masalah dengan berat badannya. Ada banyak hal yang mempengaruhi seseorang menjadi gemuk, padahal dulunya ia tidak memiliki tubuh gemuk. Tentu hal ini sangat dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak baik, dan banyak hal lainnya. Apa saja pemicu kegemukan pada seseorang? Ini dia informasi tips diet sehat pria dan wanita untuk Anda:

cara diet sehat

  1. Pola makan tidak teratur

Pada kenyataannya orang yang memiliki pola makan tidak teratur akan membuatnya rawan terhadap kegemukan. Karena orang yang makan saat merasa kelaparan akan mengonsumsi lebih banyak makanan, dan makanan pertama yang paling banyak dikonsumsi pada saat seperti ini adalah nasi. Maka makanlah makanan sehat untuk diet yang sangat dianjurkan oleh dokter seperti buah, sayur, dan makanan yang tidak mengandung banyak lemak dan gula serta tentu saja tidak mengandung bahan pengawet yang berbahaya.

  1. Pola hidup yang tidak sehat

Tips diet sehat akan menghindarkan kita dari pola hidup yang tidak sehat yang sebenarnya merupakan faktor utama penyebab terjadinya kegemukan pada seseorang. Misalnya saja minum-minuman alkohol secara teratur, merokok, waktu istirahat tidak menentu, waktu makan tidak teratur dan tidak mau berolah raga.

  1. Faktor Kebiasaan

Kebiasaan buruk yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari akan berpengaruh pada pembentukan badan Anda. Sehingga biasakan Anda menghindari hal-hal yang dapat merugikan kesehatan dan penampilan tubuh Anda.

Bagaimanapun penampilan tubuh sangat penting untuk selalu dijaga, baik yang telah memiliki pasangan hidup maupun yang belum. Hal ini juga berlaku untuk pria dan wanita, karenanya agar tidak memiliki lemak berlebih dalam tubuh, ada baiknya jika Anda melakukan tips diet sehat yang bisa dilakukan dengan mudah, murah, sehat dan cepat. Karena tips diet ini tidak memerlukan obat pelangsing yang memiliki harga ratusan ribu rupiah. Nah agar tidak penasaran, berikut ini tipsnya.

  1. Minum air putih

Tidak bisa dipungkiri air putih memang tidak senikmat teh, kopi, sirup, atau minuman lainnya yang memiliki rasa manis dan berefek menyegarkan. Namun dari sekian banyak minuman, air putihlah yang bisa membuat semua organ dalam tubuh Anda sehat dan berfungsi dengan baik setiap harinya. Sehingga sangat disarankan untuk meminum air putih ini setidaknya 8 gelas sehari. Ini merupakan tips diet sehat yang paling sehat dan mudah bukan?

  1. Lakukan sarapan

sarapan bagus untuk dietBeberapa orang lebih memilih untuk melewatkan sarapannya karena ingin memiliki tubuh yang langsing. Namun ketahuilah bahwa tubuh kita akan membutuhkan energi saat melakukan bertumpuk-tumpuk aktivitas hingga siang hari. Dan pada saat itu tubuh sangat membutuhkan energi yang salah satunya bisa kita dapatkan dari makanan. Namun jika Anda tidak melakukan sarapan, maka pasokan energi dalam tubuh akan kurang dari waktu ke waktu. Dan ini akan menyebabkan terjadinya badan lemah, letih, lesu dan mudah sakit. Namun demikian, tips diet sehat yang dianjurkan adalah dengan melakukan sarapan menggunakan menu yang sederhana dan tetap mengurangi jumlah nasi.

  1. Sarapan sebelum jam tujuh

Sarapan yang baik adalah dilakukan sebelum jam 7, karena aktivitas kita dimulai dari kita bangun tidur. Sebaiknya Anda segera menyiapkan sarapan begitu bangun tidur, sehingga energi dari makan pagi ini bisa didapatkan dengan cepat dan Anda bisa melalui hari dengan penuh kesegaran.

  1. Makan lebih sering

Jika Anda ingin mendapatkan tubuh langsing yang sehat, maka lakukan tips diet sehat ke empat ini dengan benar. Salah jika Anda menganggap diet tidak boleh makan nasi, Anda hanya harus menguranginya, namun tambahlah menu sayuran hijau, lauk dan buahnya. Lima sendok nasi setiap Anda makan sudah lebih dari cukup untuk mencukupi kebutuhan akan karbohidrat Anda. Jika biasanya Anda makan tiga kali, maka makanlah hingga 5 atau 6 kali. Namun dengan catatan, Anda harus makan dalam porsi kecil dan porsi diet.

  1. Sayur dan buah

Makan siang sehat untuk kebutuhan diet Anda adalah sayur dan buah-buahan. Makanlah dengan menu sayur seperti salad sayur, lotek, ketoprak, gado-gado, karedok dan menu lain yang menggunakan sayur sebagai bahan utamanya. Sayur ini akan mencukupi kebutuhan serat Anda dengan baik sehingga BAB menjadi lancar, dan racun keluar bersama kotoran tubuh. Tips diet sehat dengan memperbanyak sayur dan buah ini merupakan cara alami yang sangat berkhasiat dengan cepat.

  1. Katakan tidak untuk gorengan

kurangi konsumsi makanan yang di gorengMakanan berlemak memang sangat nikmat di lidah, namun Anda tidak tahu apa yang terjadi di dalam sana dalam tubuh kita bukan? Ketika kita makan satu potong gorengan, maka akan ada satu sendok makan minyak yang tertelan dan akhirnya mengendap dalam tubuh. Lemak ini yang akan membuat tubuh kita terus membengkak dan bertambah gemuk setiap harinya. Dan lemak yang tertimbun dalam tubuh merupakan pemicu terjadinya beberapa penyakit berbahaya seperti kolesterol tinggi, jantung, diabetes dan obesitas. Sehingga gorengan ini merupakan salah satu makanan yang harus dihindari saat diet.

  1. Kurangi nasi

Tips diet sehat selanjutnya adalah dengan mengurangi porsi nasi setiap kali makan. Nasi memang merupakan salah satu makanan pokok kita, bahkan banyak orang yang tidak akan merasa kenyang apabila tidak makan nasi. Namun demikian nasi juga bisa menjadi pemicu terhadap kegemukan yang terjadi. Maka mulai kini lakukan makan dengan benar, yaitu dengan mengurangi nasi.

  1. Kurangi gula

Kenikmatan sebuah makanan terkadang terletak pada rasa manis yang terkandung. Akan tetapi manis gula pada makanan bisa menjadi pemicu utama terjadinya kegemukan badan. Apalagi jika pemanis yang digunakan adalah pemanis buatan. Gula selain dapat membuat tubuh menjadi gemuk juga menjadi penyebab utama terjadinya penyakit diabetes. Maka tips diet sehat yang benar adalah dengan mengurangi gula. Karena manis dari buah yang Anda makan sudah dapat mencukupi kebutuhan gula Anda.

  1. Kurangi kopi

kopi tidak baik untuk dietBagi Anda yang biasa dengan konsumsi kopi, maka ini mungkin bukan berita baik. Karena jika Anda ingin tubuh langsing dan sehat, maka kopi harus dihindari. Selain mengandung kafein yang dapat membuat cepatnya detaknya jantung, kopi ternyata juga bisa membuat Anda menjadi lebih cepat gemuk. Maka lakukan tips diet sehat ini untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Atur pola makan dengan baik

Pola makan yang kita terapkan mungkin salah, sehingga tubuh tetap saja gemuk meskipun sudah mengurangi nasi dan makan sayur. Akan lebih baik jika Anda tidak tidur sesudah makan, karena tubuh akan memproses makanan dalam beberapa waktu itu. Maka jika Anda dalam keadaan tidur, energi yang dihasilkan dari makanan ini akan berubah menjadi tumpukan lemak. Agar tips diet sehat berhasil dengan baik, aturlah jadwal makan beserta menunya dengan baik.

Demikian tips diet ini semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang berupaya menurunkan berat badan dengan cara alami. (Baca juga: Cara Menguruskan Badan Ala Diet Vegetarian )

author
No Response

Comments are closed.