Tips dan Cara Menggunakan Deep Freeze

753 views

Dewasa ini, majunya zaman berjalan seimbang dengan majunya ilmu teknologi. Namun, tidak sedikit orang-orang atau oknum yang ingin memanfaatkan kemajuan teknologi untuk hal-hal yang kurang baik bahkan bisa tergolong jahat. Salah satunya ialah komputer. Komputer adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai data penting pribadi dalam jumlah banyak tergantung kapasitas memorinya. Dengan mudahnya penyimpanan tersebut, maka mudah pula tangan-tangan jail yang bukan pemiliknya untuk mengutak-atiknya. Oleh sebab itu, deepfreeze hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Deepfreeze merupakan sebuah aplikasi yang berperan sebagai pengaman data-data komputer dari oknum yang kurang bertanggung jawab atas data pribadi seseorang. Agar tidak gagap terhadap teknologi, alangkah baiknya jika anda mengetahui cara menggunakan Deep Freeze. Berikut adalah tata caranya:

cara menggunakan deep freeze

  1. Pastikan aplikasi deep freeze sudah terinstal di komputer anda. Gambar atau logo dari aplikasi tersebut berupa beruang putih. Aplikasi deep freeze bisa didapatkan dengan mendownload sendiri pada link tertentu atau membeli software tersebut.
  1. Setelah aplikasi deepfreeze terpasang, maka komputer sebaiknya di restart. Proses restart dapat bermanfaat untuk proses recovery sistem komputer agar fresh kembali.
  1. Setelah proses restart selesai dan kembali ke menu utama, maka deep freeze secara otomatis akan muncul untuk memasukkan password. Pada bagian ini anda dapat langsung klik OK.
  1. Cara menggunakan Deep Freeze dapat dimulai dengan membukanya melalui keyboard yaitu Ctrl+Shift+Alt+ F6 atau dapat juga dibuka dengan menekan tombol shift dibarengi dengan mengklik ikondeepfreeze sebanyak dua kali.
  1. Kemudian klik OK karena password belum dimasukkan.
  1. Klik fungsi-fungsi tab status di status on NextBoot. Pada bagian nextboot terdapat penjelasan fungsi-fungsi sebagai berikut: BootFrozen memiliki fungsi untuk mengaktifkan deep freeze. BootThawed on Next memiliki fungsi untuk mengaktifkan deep freeze setelah jumlah restart yang dipilih. BootThawed berfungsi untuk menonaktifkandeep freeze selama dalam mode aktif.
  1. Setelah itu, cara menggunakan Deep Freeze dapat dilanjutkan dengan memasukkan password pada bagian tabpassword agar deepfreeze yang digunakan tetap aman.
  1. Kemudian, anda dapat menyetting pengaturan yang terdapat pada aplikasi deep freeze. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengklik applyandreboot agar komputer dapat teristirahat secara otomatis. Jika anda ingin melakukannya secara manual maka anda dapat mengklik OK.

Selain sebagai pengaman data komputer dari oknum-oknum nakal, deep freeze juga dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. Misalnya, jika komputer akan diinstal aplikasi yang aneh-aneh, komputer tiba-tiba error, atau bahkan jika file di komputer sudah dihapus. Jika hal tersebut terjadi, maka anda tidak perlu khawatir karena anda cukup merestart komputer anda dan data-data komputer akan aman dan kembali normal untuk digunakan. Oleh sebab itu, sebagai pengguna komputer modern, maka mengetahui cara menggunakan Deep Freeze yang tepat merupakan hal yang bermanfaat.

author
No Response

Comments are closed.