Tips dan Aturan yang Harus Diperhatikan Saat Berburu Foto di Pura

Tips dan Aturan yang Harus Diperhatikan Saat Berburu Foto di Pura | Beberapa waktu lalu sudah digelar acara Galungan, ini adalah hari raya yang diperingati oleh seluruh umat Hindu. Ritual diadakan disetiap 6 bulan sekali menurut penanggalan umat Hindu. Galungan adalah cara melambangkan hari kemenangan atas kebaikan dalam melawan kejahatan.

tips-dan-aturan-yang-harus-diperhatikan-saat-berburu-foto-di-pura

Umat Hindu pastinya akan datang ke Pura untuk melaksanakan tradisinya tersebut. Untuk itulah kenapa pada saat Galungan, pura-pura di seluruh negeri akan ramai dikunjungi. Nah, Anda juga bisa lho mengintip bagaimana suasananya.

Beberapa pura dapat Anda kunjungi sebagai tempat wisata, akan tetapi dikarenakan dianggap sebagai tempat suci, maka akan ada banyak aturan yang diberlakukan kepada siapa saja yang ingin masuk ke pura tersebut.

Baik untuk urusan beribadah atau keperluan lainnya seperti berwisata. Dan tempat yang paling pas untuk berburu foto dengan suguhan latar belakang pura yang indah dan megah tentu saja Bali.

Berikut ini adalah beberapa tips dan aturan yang harus diperhatikan saat berburu foto di pura

Tips dan aturan yang harus diperhatikan saat berburu foto di pura

Sopan satun saat masuk ke pura

Setiap tempat pastinya mempunyai aturannya masing-masing. Ibaratnya masuk ke dalam rumah orang, maka Anda adalah tamu di pura tersebut. Jadi masuk dengan terlebih dulu meminta izin. Dan jangan lupa untuk menanyakan apa Anda juga diizinkan untuk mask serta mengambil beberapa foto atau tidak.

Umumnya sudah ada petugas yang mengarahkan para pengunjungnya yang ingin melihat bagaimana ritual tersebut dilaksanakan. Jangan pernah mengganggu orang yang lagi beribadah, apalagi berbicara dengan keras sebab sama seperti umat beragama lain, mereka pastinya juga butuh suasana tenang supaya lebih khusyuk saat melakukan ritual.

Larangan bagi wanita

Salah satu aturan yang biasanya diterapkan di setiap pura adalah bagi wanita dalam keadaan cuntaka atau menstruasi. Sebagian lainya juga melarang wanita yang baru saja melahirkan, dalam suasana yang sedang berkabung, atau pun bayi yang belum melakukan upacara 3 bulanan. Anda juga bisa mencari tahu terlebih dulu tentang aturan-aturan khusus di sekitar pura bila Anda memang masih belum tahu.

Memakai pakaian yang sopan

Kesopanan tak hanya bisa ditujukan dalam bentuk tingkah laku dan juga tutur kata saja, melainkan Anda diharuskan untuk bisa menghargai orang yang sedang beribadah dengan baik. Termasuk dalam hal berpakaian. Pilihlah pakaian yang sopan dan juga tidak terlalu seksi.

Demikianlah tips dan aturan yang harus diperhatikan saat berburu foto di pura. Semoga informasinya bermanfaat.

author
No Response

Comments are closed.