Tips Agar Bayam Tidak Jadi Racun Bagi Tubuh Saat Dimasak. Baca Dulu Yah…

Bayam adalah sayuran yang mudah tumbuh dan bisa ditanam di area yang terbatas seperti pekarangan rumah. Media pertumbuhannya pun beragam, anda bisa menggunakan pot dari kantong plastik hingga ditanam di tanah seperti biasa. Rasa sayuran ini memang enak, begitu juga dengan nutrisinya. Bayam kaya dengan zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh. Sebelum kamu memasak bayam, simak dulu beberapa tips agar bayam aman dikonsumsi. Berikut ini penjelasannya :

kesalahan memasak bayam

  1. Bayam aman dikonsumsi asalkan tidak dimasak lebih dari 5 jam. Bayam kaya dengan zat Nitrat (NO3), bila terkena oksidasi, zat ini akan berubah menjadi nitrit (NO2). Beberapa karakteristik dari Nitrit antara lain menjadi racun bagi tubuh manusia, tetapi tidak memiliki bau dan warna. Saat kamu mencabut bayam, maka didalamnya sudah memiliki Nitrit sejumlah 5mg/kg. Kalau kamu menyimpan bayam terlalu lama hingga berminggu-minggu di lemari es, maka akan terjadi peningkatan jumlah Nitrit di bayam hingga 21 mg/kg sekitar 7% dalam sehari. Jadi katakanlah jika kamu simpan bayam di lemari es hingga 2 minggu, nitrit di Bayam bisa meningkat jumlahnya hingga mencapai 360 mg/kg.Jumlah yang besar seperti ini memiliki efek meracuni tubuh karena Nitrit akan bereaksi dengan zat besi yang terdapat dalam sel darah merah. Jika reaksi yang disebut oksidasi ini sampai terjadi, maka sel-sel darah merah akan kehilangan kemampuan dalam mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh bagian tubuh. Hal ini mengakibatkan sianosis, sebuah kondisi saat tubuh dan jaringan-jaringannya tidak memperoleh suplai oksigen yang cukup.
  1. Hindari penggunaan panci berbahan alumunium untuk memasak bayam karena kandungan zat besi dalam bayam akan bereaksi dengan bahan alumunium dan memproduksi racun.
  2. Bayam kaya dengan Fe2+ (ferro) tetapi kalau bayam terlalu lama terkena kontak dengan udara maka kandungan Ferro (zat besi) akan berbalik menjadi Ferri (Fe3+). Keduanya masih dalam jenis yang sama, tapi yang lebih baik tentu saja Ferro. Ini karena Ferri lebih cenderung merusak fungsi tubuh karena kandungan racun di dalamnya. Oleh sebab itu hindari memanaskan bayam berulang-ulang karena bukannya efek menyahatkan yang kita peroleh tetapi racun.

Bayam memang identik dengan karakter Popeye, tokoh kartun yang disukai anak-anak. Dalam film ini digambarkan bahwa bayam memiliki efek menguatkan tubuh dan menyehatkan tetapi hendaknya kamu tidak mengabaikan beberapa hal di atas.

Sahabat, mengkonsumsi bayam sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal, menjaga agar rambut tidak rontok, dan mencegah rabun senja. Tapi bijaksanalah dalam mengkonsumsi bayam. Oke semoga bermanfaat yah sedikit tips yang kami sampaikan di atas. See you di artikel berikutnya.

author
No Response

Comments are closed.