Tetangga, Ladang Amal Shaleh Kita Untuk Bekal Di Surga Kelak

Hari ini apakah anda sudah mempunyai tempat tinggal sendiri atau belum? Kalau kita pindah tempat tinggal maka otomatis kita mendapat tetangga baru. Bener kan? Sebelum kita ngobrol lebih jauh tentang hidup bertetangga, kita identifikasi dulu seperti apa kepribadian anda, apakah anda seorang sosialis yang gemar hidup bermasyarakat, atau individualis yang kemana-mena lebih suka menyendiri dan anti sosial?

hidup bertetangga

Well, kalau anda seorang sosialis berarti anda kenal baik dong dengan tetangga sekitar. Hidup bertetangga harus dibiasakan karena dalam keadaan darurat maka tetanggalah yang pertama akan memberi bantuan. Kasarnya, kemana lagi kita akan kembali di dunia ini kalau tidak ke tempat awal mula kita dilahirkan. Jadi sangat penting bagi kita untuk membina hubungan baik dengan tetangga, seperti yang Rasulullah SAW banyak sampaikan dalam hadis-hadis beliau di mana betatapun sedikit nya kita punya makanan di rumah, maka bagilah ke tetangga terdekat. Subhanallah, ini sungguh ajaran yang sangat mulia sekali.

Beda halnya kalau anda seorang individualis yang lebih doyan tinggal menyendiri di rumah dan tidak kenal bahkan dengan orang yang tinggal di sebelah rumah anda. Aduh ini parah sekali. Bagaimana jika sesuatu menimpa rumah anda dan anda mau berteriak, tapi mau berteriak kepada siapa karena ke tetangga terdekat pun anda bahkan tidak kenal. Aduh ini buruk sekali, cobalah untuk merubah kepribadian anda dan lebih hangat dalam pergaulan.

Sahabatku, bahkan senyuman sedikit saja sudah membuat tetangga anda merasa senang apalagi jika bertegur sapa, aduuuh rasanya semua orang welcome sekali kepada kita. Siapapun pasti ingin merasa diterima di dalam komunitasnya, tak terkecuali anda. Indah bukan jika kemanapun anda pergi semua orang menegur dan bertanya mau kemana anda atau bagaimana kabar anda, ini baru kehidupan namanya.

Jangan sakiti hati tetangga anda karena jika ini sampai terjadi maka hidup anda akan merana. Coba deh bayangkan kalau misalnya anda bermasalah dengan tetangga terdekat padahal yang namanya bertetangga maka anda kemungkinannya akan banyak bertemu setiap hari. Aduh pusing deh kalo semua orang di tempat tinggal kita tiba-tiba memasang pose bermusuhan dengan roman wajah yang mengerikan. Dunia ini goncang sekali rasanya. Solusi paling bagus ya pindah tempat tinggal, tapi tentu saja ini memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit. Yap, anda harus keluar duit banyak untuk pindah tempat tinggal.

Aduh sob, tuhan saja sudah mengancam kepada siapa saja yang membuat kerusakan dalam hidup bertetangga maka katanya kita akan mendapat azab besar di kehidupan akhirat. Yah semacam siksaan begitu deh. Serem banget kan? So dari sekarang hendaknya kita tahu bagaimana membuat orang menilai kita sebagai pribadi yang baik, ramah dan senang menolong. Mudah-mudahan kalau banyak orang yang sayang kepada kita, kita jadi lebih dihargai dan diberi tempat di masyarakat. Sekian, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan renungan oleh kita semua.

author
No Response

Comments are closed.