Tenangkan Hati dan Jiwa Dengan Membaca Ayat Ini

1010 views

40.-Manfaat-Dzikir

Dalam hidup kita menemui rangkaian permasalahan. Selesai masalah yang ini lalu disusul dengan masalah yang lain. Masalah ini sebabnya bisa bervariasi, mulai dari masalah di kantor hingga persoalan rumah tangga. Banyaknya masalah yang dihadapi seseorang membuatnya merasa tidak tenang dan gundah.

Seseorang bisa kehilangan semangat hidup bila ia menghadapi terlalu banyak masalah. Oleh karena itu akan sangat baik bila ia segera mencari penyelesaian terhadap masalah yang dialaminya itu. kita seringkali menyibukkan diri dengan meminta pertolongan orang terdekat saat sedang menghadapi masalah tanpa menyadari bahwa tindakan ini malah mendatangkan persoalan baru.

Kalau anda tidak menyadari, Allah sudah menurunkan obat untuk semua masalah di muka bumi. Ia adalah Al-qur’an. Isinya menenangkan dan membuat kita bersemangat untuk hidup. Tujuh ayat ini isinya begitu menenangkan dan membuat kita semakin dekat kepada Allah SWT. Inilah ulasan lengkapnya.

Q. S. Al-Ra’ad Ayat 28

Saat seseorang menghadapi persoalan hidup yang membuat hatinya tidak tenteram, silakan baca Surah Al-Ra’ad ayat 28. Sesudah ayat ini dibaca, hati anda pasti akan lebih tenang karena mengingat-Nya. Inilah Ayat tersebut ;

“Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS: Al Ra`d:28).

Q. S. Al-Zalzalah Ayat 7-8

Amalan yang kita anggap enteng kadang-kadang suka kita sepelekan, tapi sekalipun sepele sesungguhnya Allah akan tetap memberi balasan. Tak sedikit orang yang percaya bahwa dengan amalan-amalan kecil saat membantu orang lain, kita justru memberi semangat pada mereka untuk menjalani hidup.

” Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya. dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah: 7-8)”.

Q. S. Hud Ayat 119

Manusia diciptakan oleh Allah dengan penuh kasih sayang dan diberi rahmat yang banyak. Seharusnya ini menimbulkan kesadaran pada diri kita bahwa kita tidak diciptakan dengan sia-sia.

“Kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu. dan untuk Itulah Allah menciptakan mereka” (QS. Hud: 119).”

Orang-orang beriman tahu bahwa Allah maha tahu atas segala sesuatu. Mereka tahu bahwa tidak ada sesuatu pun hadir di dunia ini tanpa ada maksudnya. Dengan memahami ini, pandangan hidup kita akan selalu positif.

Q. S. Al-Fajr Ayat 14

Tidak ada sesuatu pun yang bergerak di alam semesta ini yang luput dari pengawasan Allah. Ini Sesuai dengan Firman Allah dalam Al-Qur’an yaitu :

 “Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mengawasi.” (QS. Al Fajr: 14)”.

Orang yang sadar bahwa dirinya tidak luput dari pengawasan Allah akan hidup lebih baik lagi sehingga tidak berbuat aniaya yang membuat hidupnya tidak tenang.

Q. S. Al-Fajr Ayat 17

Orang yang beriman pasti tahu bahwa kehidupan yang sesungguhnya bukanlah yang sedang kita jalani saat ini di dunia tetapi di akhirat kelak. Dengan dasar ini ia akan lebih semangat untuk beribadah dan hari-hari yang dijalaninya pun terasa tenang.

“Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal.” (QS. Al Fajr: 17).”

Al-Baqarah

Orang yang mencari nafkah untuk menghidupi anak istri mendapat karunia yang sangat hebat, ia dikatakan bersedekah setiap hari dengan amal shalehnya itu. Ia tahu bahwa perbuatan baik akan dibalas beberapa kali lipat hingga ia semakin bersemangat untuk berbuat baik.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)”.

Q. S. Al-Baqarah Ayat 195

Orang yang optimis dalam berbuat baik hanya mengharapkan satu hal saja dalam hidupnya. Tujuannya adalah untuk meraih ridha Allah. Orang seperti ini selalu berbuat baik dan optimis dalam perbuatannya.

“Dan berbuat baiklah, karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Baqarah: 195)

Demikianlah sedikit bahasan tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang bisa dipakai sebagai penyembuh hati yang gundah gulana. Dengan memahami pengertian ayat-ayat tadi, hati kita akan menjadi tenang.

author
No Response

Comments are closed.