Tata Kehidupan Anda Dengan Menata Hati

674 views

Ketentraman adalah apa yang kita perlukan untuk menjalani hidup ini, semua akan terasa nikmat begitu hati kita terawat, terpelihara, dan selalu tertata dengan baik. Menata hati itu sama halnya dengan menata taman bunga yang memerlukan ketekunan dan kesabaran. Kita menata rapih semua alur penanamannya. Kita kelompokkan warna dan jenis bunga menggunakan kombinasi yang unik. Yang kita tanam hanya bunga-bunga indah atau semerbak saja.

images (1)

Begitu pula halnya dengan hati ini yang memerlukan ketelatenan kita untuk selalu kita rawat, kita pelihara, dan kita tata sebaik-baiknya. Mereka dengan hati yang bersih akan selalu merasakan ketenangan, ketentraman, dan keindahan dalam menikmati hidup. Orang dengan hati yang bersih akan bertutur kata dengan kalimat-kalimat yang baik, memiliki perilaku yang baik, banyak tersenyum, tatapan matanya menyiratkan ketenangan, dan ketika diam sekalipun.

Saudaraku,

Orang yang bisa menata hatinya dengan baik takkan pernah merasakan gundah gulana, wajahnya tak menyiratkan muram durja, dan jauh dari perasaan penuh kegelisahan. Tak masalah dimanapun ia berada ia akan selalu mengontrol hatinya dengan baik. Pada setiap kesempatan ia akan merasakan kedamaian, ketenangan, dan ketentraman.

Hati yang bersih itu seperti embun segar yang ada di dedaunan di pagi hari. Bentuknya indah, segar, sejuk dan menyejukkan. Hati yang bersih hanya mengharapkan perjumpaan dengan Rabb Nya, selalu ingat dan rindu kepada-Nya.

Ia merasakan keyakainan yang begitu mendalam bahwa yang ia perlukan hanyalah Allah semata, ia hanya ingin menyebut namanya setiap waktu, meyakini dan melakukan perintah-Nya. Karena semua itu hatinya senantiasa merasa tenteram. Dengan ikhlas ia menerima apapun yang ditakdirkan oleh tuhannya, seberat dan sekeras apapun cobaan yang ia terima ia hadapi dengan berharap ridha ilahi.

Bagi orang yang berhati bersih, di dunia ini sama sekali tak ada masalah. Yang jadi persoalan hanyalah cara kita dalam menyikapi masalah. Mari kita tata kehidupan ini dengan menata hati kita. Aamiin.

author
No Response

Comments are closed.