Sifat Baper Harus Dihilangkan, Sifat Super Harus Dimunculkan

Di masa lalu ketika keadaan masih terbatas, semua orang hidup dengan menyesuaikan diri pada keadaan alam sekitar. Jauh berbeda dengan keadaan masa kini di mana segalanya sudah tersedia dan kita bisa hidup dengan mudah. Generasi zaman dulu lebih gigih dalam bekerja, pantang menyerah dalam berusaha dan tidak ada istilah cengeng dalam hidupnya.

sifat baper dan sifat super

Bisa dibayangkan betapa kerasnya cara hidup pendahulu-pendahulu kita, mereka harus melakukan segalanya seorang diri. Pergi kemana-mana pun harus berjalan kaki di pagi hari dan pulang saat malam sudah pekat. Tapi semuanya bisa tetap barakah. Orang tua kita dulu tidak kenal dengan yang namanya handphone dan dipastikan hidup pun terasa monoton tapi yang namanya menyerah tidak ada dalam kosa kata mereka. Itulah karakter sejati dari orang tua kita dahulu. Kita harus mencontohnya.

Segalanya berubah total setelah generasi masa kini hidup dalam kondisi yang serba modern, serba instan dan mudah. Kita jadi generasi pemalas yang ingin serba enak padahal kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini saja adalah hasil perjuangan jiwa dan raga. Sekarang ini kita sering menyalahkan orang tua kita kalau baju kerja kita belum dicuci, atau bentak-bentak ibu karena belum ada sarapan. Mayoritas generasi kita sekarang hidup dengan cara baper padahal orang zaman dulu hidupnya serba super.

Sekarang adalah zaman globalisasi di mana gaya hidup ala barat dipuja-puja sebagai yang terhebat. Sudah tak terhitung banyaknya pemuda-pemudi kita yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas dan jiwanya teracuni budaya asing. Dengan tontonan-tontonan mellow yang menyerbu stasiun-stasiun televisi kita, generasi bangsa menjadi lembek karena keseringan nonton sinetron asing yang isinya tentang percintaan dan budaya materialisme yang begitu jelas. Dari budaya ini lahirlah pemuda-pemudi bermental cengeng yang tidak mau berusaha tapi ingin hidup enak.

Bukan Cuma cara berpikir saja yang dijajah oleh pemikiran-pemikiran barat, cara komunikasi juga sudah berubah drastis. Kini sudah bermunculan smartphone dan gadget lainnya yang membuat dunia ini jadi semakin tak berbatas. Karena kecanggihan teknologi ini semakin banyak hal-hal baik yang ditinggalkan.

Memang sih ada banyak hal yang harus kita syukuri dari perubahan zaman yang serba canggih sekarang ini. Tapi jelas anda harus menyeimbangkan antara hal yang bersifat duniawi dengan ukhrowi sebagai amalan yang akan dibawa saat kita kembali ke hadapan tuhan. Semua orang punya bidangnya masing-masing jangan hanya karena pengaruh internet dan medsos anda jadi sok tahu segalanya. Ingatlah semuanya harus difilter agar pemikiran anda tidak berubah semakin dangkal.

author
No Response

Comments are closed.