Pendeteksian Kanker Sejak Dini Melalui Air Liur. Ini Caranya …

Koran_Sindo_Nasional_2016-01-05_Lifestyle_Deteksi_Dini_Cegah_Kanker_Serviks_1

Hingga kini kanker menjadi salah satu penyakit paling menakutkan di muka bumi. Kanker bisa menyerang siapa saja dari semua golongan usia dengan resiko kematian. Dari semua penyakit mematikan yang ada di bumi ini, kanker termasuk salah satu yang kemunculannya sulit dideteksi. Maka dari itu seringkali seorang penderita kanker pada awalnya tidak tahu bila ia terserang kanker.

Tapi para ilmuwan tidak berdiam diri, mereka terus melakukan penelitian hingga diketahui cara paling praktis dan cepat untuk mendeteksi kanker lebih dini. Menurut mereka gejala kemunculan kanker bisa dideteksi melalui tes air liur. Yang patut diacungi jempol, hasil tes ini bisa langsung diketahui tak sampai 10 menit dengan tingkat keakuratan mencapai 99%.

Riset tes air liur untuk mendeteksi kanker ini dilakukan di Universitas California oleh Professor Oncology, David Wong. Beliau mengatakan bahwa tes ini disebut Liquid Biospy yakni pengetesan kanker melalui cairan di tubuh. Kalau sebelumnya pengetesan kanker hanya bisa dicek melalui silsilah keluarga dan tes darah, serta beberapa pemeriksaan lanjutan, kini semua lebih mudah. Para dokter bisa segera mendeteksi keberadaan kanker dalam waktu kurang dari 10 menit.

Di lain pihak, peneliti dari Institute of Cancer Research juga menemukan cara yang lebih hebat untuk mendeteksi kanker jauh sebelum sel kanker itu menyebar ke jaringan tubuh dan berkembang menjadi tumor ganas. Melalui riset terhadap 1000 wanita penderita kanker payudara, lebih dari setengahnya meninggal dunia dan kanker yang diderita oleh kebanyakan dari mereka adalah kanker ganas.

Dari jumlah itu hanya 15 persen saja yang berhasil bertahan hidup melawan kanker hingga jangka waktu 5 tahun. Sekalipun demikian tak banyak yang bisa bertahan lebih dari 2 atau 3 tahun saja. Karena banyaknya kasus seperti ini, para ilmuwan semakin gencar mencari cara untuk bisa mendeteksi kanker lebih praktis dan cepat lagi.

Para ilmuwan ingin agar keberadaan kanker bisa diketahui lebih awal dengan demikian pengobatan bisa diberikan secepatnya untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Mari berharap agar tes kanker dengan air liur ini betul-betul bisa dilakukan. Mari kita cegah kanker dengan membiasakan hidup sehat dan berolahraga.

author
No Response

Comments are closed.