Orang Keras Kepala Bisa Anda Hadapi Dengan Mudah. Ini Tipsnya …

Orang yang keras kepala itu sikapnya pasti menjengkelkan sekali. Seorang yang dikenal keras kepala akan menolak ketika diberi saran atau pendapat. Saat diajak beradu argument pasti pendapatnya lah yang harus dinomor satukan. Sangat pelik sekali jika harus berurusan dengan orang sakit kepala karena salah-salah bisa terjadi perselisihan sebabnya orang keras kepala itu keras sekali pada pendiriannya. Tapi itulah dunia, tidak ada yang sama. Hehe… betul gak?

menghadapi orang keras kepala

Secara psikologis sikap keras kepala muncul karena seseorang itu dikelurganya terlalu dimanja atau dianggap lebih segala sesuatunya. Lihat saja salah seorang individu di keluarga anda, misalnya adik bungsu anda yang tentu lebih dimanja orang tua dari anak lainnya. Perhatikan gelagatnya, dia pasti ingin semua keinginannya dipenuhi bukan? Yah memang begitulah watak keras kepala seseorang, emosi lah yang bermain dan anda harus menghadapinya dengan kesabaran.

Saat menghadapi orang keras kepala anda tidak bisa hanya mengutamakan amarah karena bisa saja tanpa kita sangka justru emosinya lah yang duluan meledak. Anda tidak bisa memperbuat sesuatu yang membuatnya menilai bahwa pendapatnya keliru atau bertentangan dengan pendapat kebanyakan.

Sahabat, bila anda secara kebetulan berhadapan dengan orang yang keras kepala maka anda harus hadapi orang itu dengan sabar, menjawab pertanyaannya dengan ringan dan jangan membuat situasi semakin panas. Tapi ada kalanya juga seseorang itu bertindak kelewat batas dan keras kepalanya sudah keterlaluan, kalau sudah begini ada tipsnya sebagai berikut :

1. Bersikaplah dengan tenang

Jika anda sudah tahu orang mana yang sifatnya keras kepala, maka saat menghadapinya anda harus berusaha menenangkan diri. Jangan buat konfrontasi dengan orang semacam ini karena bila anda meladeni dengan sikap penuh amarah, mereka malah akan berpikir telah menjadi pemenang. Kalaupun kesadaran anda sudah habis, akan lebih baik bila anda pergi saja meninggalkan orang itu sendirian di ruangannya.

2. Jangan salahkan dia

Seseorang bersikap keras kepala karena ia bertahan dengan argumennya dan tidak ingin dianggap salah. Pahamilah kondisi mereka, jangan dulu salahkan mereka atas sikapnya itu.

3. Bersikaplah dengan tegas

Kadang-kadang anda harus tegas dalam menghadapi orang yang keras kepala. Jika orang itu sampai marah besar, anda harus ladeni dengan sikap yang tenang dan katakan mengapa argumen anda yang bertentangan dengan orang itu menjadi rasional.

4. Pendapatnya harus dihargai

Mereka mempertahankan pendapatnya begitu keras karena ingin pendapatnya diakui oleh sebab itu mereka harus dihargai. Tunjukkan rasa hormat anda hingga mereka menerima ide-ide anda.

5. Berkompromilah Dengan Mereka

Ketika anda sudah mempetemukan ide-ide anda dengan pendapatnya, mungkin dia akan memahami maksud anda hingga ditemukan sebuah jalan tengah. Bila ini dinegosiasikan, semua akan mencapai sebuah titik temu bersama.
Memang sih berbicara dengan orang keras kepala itu agak susah dan memerlukan sebuah pemahaman lebih. Tapi ya begitulah, setiap orang kan berbeda kepribadiannya. Semoga tips ini bisa memberi masukan yang berarti untuk anda semua.

author
No Response

Comments are closed.