Mungkin Kita Bisa Belajar Dari Orang Inggris Untuk Atasi Anak Yang Bolos Sekolah

Sahabat, menjadi pasangan muda yang baru punya anak balita memang menyenangkan. Kita bisa tahu masa-masa perkembangan anak kita tercinta sedari bayi, balita dan masuk usia sekolah. Kita pasti sayang kepada anak-anak kita dan rasa sayang ini harus kita wujudkan dengan memberi pendidikan yang berkualitas untuk anak kita. Tapi setelah masuk sekolah kok anak kita jadi malas sekolah dan terkadang bolos hanya karena masalah kecil yang mereka alami di sekolah.

Anak bolos sekolah

Yap betul, yang namanya anak-anak biasa deh kalo dapat masalah di sekolah. Bisa jadi karena tidak cocok dengan teman-temannya atau karena pelajaran baru yang menurut mereka terasa membosankan dan bikin gak semangat. Masalah seperti ini menghantui banyak ibu muda di daratan Inggris sana. Tetapi kini pemerintah Inggris memutuskan bahwa anak-anak harus dimotivasi sedari dini agar senang bersekolah dan menerapkan hukum denda bagi anak-anak yang bolos sekolah. Aturan ini juga diberlakukan kepada orang tua si anak yang bolos agar jera membiarkan anaknya tidak masuk sekolah.

Aturan keras ini mulai diterapkan di Inggris semenjak tahun 2011 dan 2012, dan selama masa berlaku dua tahun tersebut, tercatat sudah terdapat 41.224 surat denda yang diterbitkan. Hal ini menjadi masalah tersendiri di sana karena jika angkatan muda malas untuk pergi sekolah, dikhawatirkan masa depan mereka akan terancam.

Sahabat, kebayang bukan kalau jumlah anak yang bolos sekolah terus meningkat? Bisa-bisa bangsa kita jadi bangsa yang gak mau bersekolah, aduh hancur deh masa depan anak cucu kita nanti. Seperti apa yang terjadi di Inggris, bersama ledakan jumlah anak yang bolos tersebut juga terdapat banyak orang tua yang harus membayar denda. So pemerintah Inggris tidak menganggap hal ini sebagai masalah sepele dan menerapkan aturan keras ini di sana.

Seorang juru bicara dari departemen pendidikan di Inggris menyampaikan bahwa, “bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi jika masa depan masyarakat Inggris terancam jika budaya bolos sekolah terus dibiarkan. Bila ini terus terjadi, maka anak-anak tidak mendapat porsi belajar sebagaimana yang seharusnya. Semakin banyak anak yang bolos maka semakin banyak pula anak yang ketinggalan pelajaran dan hal ini tidak sejalan dengan keinginan kita semua. Oleh karena itu kita berusaha untuk memperbaiki dan menstabilkan tingkat kehadiran peserta didik di sekolah”, kata juru bicara tersebut.

Menurutmu bagaimana jika aturan ini diberlakukan di Indonesia? Akankah masalah anak bolos sekolah bisa ditanggulangi dengan baik?

author
No Response

Comments are closed.