Mengeksplorasi Cara Belajar Matematika Agar Menyenangkan Untuk Anak. Baca Yukkk…

Sejumlah anak berpendapat bahwa belajar matematika terlalu membosankan dan bikin hari-hari jadi kelam. Memang sih belajar matematika membuat kita harus menguras pikiran hanya untuk menyelesaikan sebuah soal, tapi justru dengan membiasakan otak berpikir akan membuat kita cerdas. Jika sudah tahu metode khusus belajar matematika, dengan mudah mereka akan menyelesaikan banyak soal yang rumit sekalipun. Karena itu kita akan mempelajari beberapa cara belajar matematika yang caranya menyenangkan. Cara ini diyakini bisa membuat anak ketagihan belajar angka-angka dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

165421_100795196

Dadu berwarna

Dadu memiliki enam bagian dengan angka yang berbeda dan tidak hanya dipakai untuk bermain ular tangga dan monopoli saja. Anda bisa menggunakan dadu untuk belajar matematika.

Bagaimana caranya? Mudah sekali, anda setidaknya harus punya dua buah dadu. Dua dadu ini lalu dilempar bersamaan dengan interval berlainan. Setiap angka yang muncul kemudian dicatat. Biasakan anak belajar cara ini setiap pulang sekolah. Kalau sudah lancar, anak bisa belajar menggunakan dadu untuk mempelajari perkalian.

Perang kartu

Untuk memainkan game ini anda harus menggunakan kartu domino. Ambillah seset kartu domino lalu bagi rata dengan anak anda. Masing-masing punya 26 kartu. Setelah itu semua tumpukan kartu diletakkan di depan dan ambil 4 kartu secara random. Setelahnya semua kartu dijumlahkan angkanya dan kalau salah satu jumlah angkanya lebih besar dari yang lain, maka ia menjadi pemenangnya. Anda tidak hanya menggunakan permainan kartu ini untuk penjumlahan saja, perkalian, pembagian dan lain-lainnya bisa anda mainkan juga lho.

Ular Tangga Matematika

Putra-putri anda pasti sangat senang bermain ular tangga dan asyiknya permainan ini bisa dimodifikasi untuk belajar matematika. Dalam game ini yang diingat adalah aturan berapa kali maju dan berapa kali mundur. Catat saja agar anak tidak mudah lupa. Game ini memudahkan anak belajar pengurangan dan penjumlahan.

Segitiga Fakta

Cara belajar yang satu ini tidak dimaksudkan untuk mempelajari bangun datar maupun bangun ruang dari segitiga. Cara ini dimaksudkan agar anak lebih mudah mempelajari pembagian dan perkalian. Mudah sekali jika anda ingin belajar segitiga fakta, anda hanya tinggal meletakkan angka dengan tanda kali. Jika sering dilakukan maka kemampuan mengingat anak akan berkembang pesat. Imbasnya, anak akan lebih cepat menguasai pembagian dan perkalian bilangan.

Kartu saya tahu

Kalau anak susah sekali diajak belajar perkalian, cara ini akan mempermudah mereka mempelajarinya. Anda bisa membuat kartu ini dengan mudah dan tak masalah jika dibuat dengan ukuran berapapun. Bikin saja yang berukuran besar agar bisa ditempel di dinding kamar atau yang berukuran kecil agar bisa dibawa oleh anak ke sekolah.

Kartu ini diisi dengan berbagai macam hal yang banyak diketahui oleh anak tapi anak anda gampang melupakannya.

author
No Response

Comments are closed.