Mendidik Anak Itu Harus Sabar Lho. Ini Sebabnya …

646 views

Siapa yang sudah punya anak? Berapa usia anak anda sekarang, apakah anak anda sudah anda didik dengan baik? Semua pertanyaan ini pasti bisa anda jawab dengan mudah. Jika pertanyaan ketiga belum bisa anda jawab dengan sepenuh hati, tidak masalah. Di sini kami akan membantu anda dengan tips seputar mendidik anak agar kepribadian anak berkembang sesuai dengan apa yang anda harapkan. Sahabat, sudah kewajiban kita sebagai orang tua untuk mengarahkan anak agar selalu berbuat yang baik-baik saja, hormat pada orang tua dan teman sebaya juga bermanfaat bagi agama dan bangsa. Begitu bukan doa orang tua yang shaleh?

Cara-Mendidik-Anak-Yang-Baik-Dan-Benar

Kondisi anak masih labil saat masih dalam masa pertumbuhan, mereka akan meniru apa yang kita lakukan, mengucapkan apa yang kita sering katakan dan menghabiskan banyak waktu bersama kita. Anak adalah titipan tuhan yang harus kita syukuri keberadaannya di sisi kita. Dengan melihat anak dalam masa pertumbuhannya, kita merasa bahagia dan rasa senang ini harus kita wujudkan dengan memberi pendidikan yang baik pada anak, utamanya dari segi akhlak.

Ketika memberi pengarahan-pengarahan kepada anak, anda harus bersabar, jangan pernah mendidik dengan memberi hukuman-hukuman karena justru ini membuat anak merasa tegang, tidak betah di rumah dan lain-lain. Kondisi psikologis anak akan terganggu jika anda melakukan kekerasan. Gunakanlah kata-kata yang sopan, baik dan memotivasi anak agar selalu mau belajar dan memperlajari hal-hal baru yang asing baginya.

Dalam berteman, hendaknya anda memilah-milah dulu agar anak berteman dengan anak-anak yang baik, yang selalu mengajak pada kebaikan dan menghindari perbuatan sia-sia. Ajarkanlah anak agar sebelum makan mereka berdoa dulu, sebelum mereka pergi sekolah untuk menyalami tangan ibundanya dan lain-lain. Katakan kepada mereka bahwa sikap seperti itu harus dibiasakan dari kecil dan bahwa semua orang akan menghargai kita bila kitapun berlaku demikian kepada mereka.

Sahabat, salah satu hal lainnya yang harus dibiasakan adalah cara berbicara, ajarkan bagaimana cara berbicara yang baik kepada anak anda. Katakan bahwa kita tidak boleh menyela perkataan orang tua yang sedang berbicara, tidak mengatakan kata-kata kotor, dan hanya berbicara yang baik-baik saja. Sampaikan juga bahwa senyum sekecil apapun adalah ibadah yang termudah.

Sahabat, hal sekecil apapun jika kia luput mengajarkannya maka jaminannya adalah masa depan anak kita nanti. Misalnya saja kalau anda dan pasangan anda terlalu sibuk bekerja dan lupa untuk selalu mengajak anak solat, maka anak anda pun tidak akan solat tepat waktu hingga mungkin meninggalkannya. Boleh saja anda menjadi pasangan yang berkarier tapi selalu ingat bahwa anda punya amanat dari tuhan yaitu anak yang harus dididik, dirawat dan dibesarkan.

Ingat mendidik anak itu tidak berarti hanya menyekolahkan anak di lembaga pendidikan formal saja. Anda sebagai orang tua memiliki peranan penting sebagai tempat belajar pertama anak-anak anda. Tumbuh kembang anak tidak boleh lepas dari penglihatan orang tuanya. Jangan sampai keliru dalam mendidik anak. So didiklah putra-putri anda dengan nilai-nilai islami agar masa depannya cerah baik dunia maupun akhirat. Aamiin.

author
No Response

Comments are closed.