Memanfaatkan Coklat Sebagai Sarana Penyembuhan Penyakit Diabetes. Ini Caranya …

Orang sering beranggapan bahwa penderita diabetes diharuskan menghindari banyak makanan yang rasanya manis seperti coklat. Padahal kenyataan sebenarnya tidak seperti itu karena ada beberapa jenis coklat yang justru membantu penyembuhan diabetes tipe 2. Sebuah riset yang melibatkan beberapa penderita diabetes yang diberi terapi coklat dengan formulasi khusus selama 30 hari menunjukkan bahwa pemberian minuman coklat dengan frenkuensi 3 cangkir per hari mampu mengaktifkan kembali pembuluh darah yang sebelumnya sudah rusak berat.

cokelat untuk penyembuhan diabetes

Menurut dugaan hal ini disebabkan oleh flavanol yang merupakan zat aktif yang terkandung di dalam coklat. Secara umum flavanol juga bisa ditemui pada bahan makanan lain seperti teh hijau, buah-buahan, sayuran dan sebagainya. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dr. Malte Kelm, peneliti dari University Hospital Aachen diketahui bahwa cokelat yang diperkaya dengan flavanol bekerja dengan menggenjot produksi nitricoxide, sebuah zat yang bertanggung jawab untuk melenturkan dan memperlebar pembuluh darah.

Tetap ada Batasan Yang Harus diikuti

Seperti halnya sebuah pepatah yang mengatakan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, maka demikian pula halnya dengan konsumsi coklat untuk tujuan penyembuhan penyakit diabetes. Dalam hal ini penderita diabetes tipe 2 tetap diperbolehkan mengkonsumsi cokelat jika mereka suka tetapi hendaknya tidak berlebihan. Tujuan terapi coklat ini adalah untuk menghindari komplikasi karena melonjaknya kadar gula darah.

Ini dia jenis coklat untuk penderita diabetes

Anda pasti tahu dark cokelat kan? Ya itu lho cokelat hitam yang dikenal berkhasiat untuk mengurangi tekanan darah, penurun kolesterol dan meningkatkan daya ingat atau kemampuan kognitif. Semua ini karena sumbangsih dari folifenol. Sudah semenjak dahulu masyarakat Indian kuno di kepulauan San Blas, wilayah pantai panama mengamati efek konsumsi cokelat pada diabetes dan hipertensi di mana masyarakat mereka hanya sedikit saja yang terkena penyakit jantung, hipertensi dan diabetes. Akhirnya diketahui bahwa orang Indian terbiasa mengkonsumsi cokelat dengan konsep healthy eating.

Dark chocolate atau coklat hitam kaya dengan kandungan folifenol yang memberi anda perlindungan terhadap penyakit jantung, hipertensi dan diabetes. Semua ini hanya bisa anda peroleh dari cokelat hitam saja dan tidak bisa ditemui pada jenis cokelat lainnya. Cokelat hitam kandungan antioksidannya sangat tinggi sehingga amat bermanfaat untuk kita. Meskipun demikian anda tetap harus waspada dalam mengkonsumsi cokelat karena faktanya cokelat memiliki kandungan gula hingga 51%. Kalau anda penderita diabetes tipe 2 tapi tetap ingin makan cokelat, anda disarankan untuk makan coklat bebas gula saja. Konsumsi harian pun hendaknya tidak berlebihan dan dibatasi di kisaran 30 gram saja per hari nya.

author
No Response

Comments are closed.