Mau Tahu Ciri Istri Calon Penghuni Surga. Ini Dia Ciri-Cirinya …

Dalam sebuah kesempatan Rasulullah SAW menyampaikan ciri-ciri keutamaan wanita calon penghuni syurga, dalam sebuah hadisnya yaitu :

wanita calon penghuni surga

“.. Seandainya salah seorang wanita penduduk surge menengok penduduk bumi niscaya dia akan menyinari antara keduanya (penduduk surge dan penduduk bumi) dan akan memenuhinya bau wangi-wangian. Dan setengah dari kerudung wanita surge yang ada di kepalanya itu lebih baik daripada dunia dan isinya. “ (HR. Bukhari dari Anas bin Malik Radliyallahu ‘anhu).

Dalam hadisnya yang Lain Rasulullah bahkan menegaskan hal berikut ini :

“Sesungguhnya istri-istri penduduk surge akan memangil suami-suami mereka dengan suara yang merdu yang tidak pernah didengarkan oleh seorangpun. Di antara yang didendangkan oleh mereka : “Kami adalah wanita-wanita pilihan yang terbaik. Istri-istri kaum yang termulia. Mereka memandang dengan mata yang menyejukkan.” Dan mereka juga mendendangkan : “Kami adalah wanita-wanita yang kekal, tidak akan mati. Kami adalah wanita-wanita yang aman, tidak akan takut. Kami adalah wanita-wanita yang tinggal, tidak akan pergi.” (Shahih Al-Jami’ Nomor 1557).

Lalu seperti apa sebetulnya ciri wanita calon penghuni surga itu?

Anda tahu bukan hanya laki-laki dan bidadari saja yang nanti akan menjadi penghuni surga. Semua wanita di dunia ini memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi penghuni surge.

Istri kaum mukminin yang gemar beribadah dan sepenuhnya beriman kepada Allah beserta Rasulnya akan masuk surga di akhirat kelak dan mendampingi suaminya serta dikaruniai berbagai kenikmatan yang luar biasa dari Allah SWT. Tapi tentunya apa yang diberikan tuhan di akhirat nanti akan sepadan dengan amalan yang dilakukan oleh seorang individu ketika hidup di dunia.

Hanya wanita yang taat kepada Allah dan Rasulnya yang akan menjadi wanita ahli surge. Tapi kita bisa mengidentifikasi beberapa cirri-cirinya dari sekarang. Yaitu :

  1. Bertakwa
  2. Beriman kepada rukun iman
  3. Bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan hanyalah allah yang berhak disembah, bahwa Muhammad sebagai rasull allah, menjalankan shalat, membayar zakat dan berpuasa, setelah itu menunaikan haji jikalau mampu
  4. Meniatkan seluruh ibadah hanya untuk Allah dan merasakan bahwa Allah selalu melihatnya dan mengawasinya
  5. Bertawakal kepada Allah dalam menghadapi semua ujian dan masalah yang menimpa di dunia ini. Selain itu pandai bersyukur atas segala karunia dan nikmat yang dianugerahkan oleh Allah
  6. Rajin membaca Al-quran dan memahami maknanya
  7. Dalam kesehariannya mengamalkan amar ma’ruf nahi munkar kepada keluarga dan masyarakat
  8. Banyak berbuat baik
  9. Menjaga tali silaturahmi
  10. Sering bersadaqoh dengan niat hanya untuk mengharap ridho Allah semata
  11. Amanah dan menepati janji-janji yang pernah dibuatnya
  12. Sayang dan berbakti kepada kedua orang tua
  13. Adil dalam semua urusan dan tidak berdusta

Itulah beberapa cirri dari seorang wanita calon penghuni surge kelak. Apakah cirri-ciri di atas sudah Nampak di diri anda sekarang? Kalau belum yuk kita belajar menjadi wanita sholehah yang dirindukan oleh surga.

author
No Response

Comments are closed.