Manfaat Sayur Sawi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

765 views

Sawi sering kita temui saat kita jajan bakso atau mie ayam. Sawi menjadi pelengkap hidangan hingga semua makanan terasa istimewa dan lebih lezat. Rasanya kurang sempurna kalau hidangan makanan tidak dilengkapi dengan sawi baik sebagai pemanis atau pelezat rasa. Sawi termasuk ke dalam sayur-sayuran dan harganya cukup murah.

Sebutan untuk sawi sangat beragam, sebagian orang ada yang menamakannya sawi bakso, caisim, dan caisin. Anda bisa menanam sayuran ini dengan mudah dan bisa langsung dikonsumsi setelah dibersihkan. Di musim panas sekalipun tumbuhan ini bisa tumbuh subur asal disiram air secukupnya. Sawi bisa divariasikan pengolahannya, sebagian ada yang diolah menjadi asinan dan dijadikan sayur. Nah kali ini kita akan membahas apa saja manfaat sawi untuk kesehatan.

Sawi-Putih

Mengobati kanker usus besar, wasir dan sembelit

Kalau pencernaan anda bermasalah maka anda harus banyak makan sawi karena sayuran ini tinggi sekali kandungan seratnya. Selain itu, dengan mengkonsumsi sawi, sistem pencernaan anda akan bekerja lebih baik.

Mengatasi kanker ovarium, kanker payudara, usus, dan kanker prostat

Sawi itu seperti produk tuhan yang diciptakan dengan teknologi canggih terhebat. Kami katakan demikian karena kemampuannya dalam melawan berbagai jenis kanker sangat hebat. Sebut saja kanker ovarium, usus, payudara, hingga ovarium, semuanya akan dibasmi sedemikian rupa hingga ke akar-akarnya. Semua ini berkat zat istimewa yang dikandung dalam sawi seperti lutein, zeaxanthin, sulforaphane, karoten, flavonoid, dan indoles.

Anti bakteri dan virus

Sawi memberi tubuh anda suplai vitamin c hingga 70 mcg atau kurang lebih 117% dari AKG untuk setiap 100 g. Anda pasti tahu bahwa vitamin C adalah antioksidan alami yang berkemampuan untuk mengatasi infeksi bakteri dan virus hingga radikal bebas.

Menurunkan berat badan

Sawi sangat enak ketika dimakan saat masih segar, atau sudah diolah menjadi sayuran yang nikmat rasanya. Karena sawi membantu kinerja pencernaan, dengan sendirinya akan membantu menurunkan berat badan. Sawi bisa anda masukkan dalam menu makanan program diet anda.

Menunrunkan kolesterol

Karena sawi rendah kalorinya, serat yang dikandungnya akan menurunkan kolesterol dengan cepat. Dalam 100 g sawi terdapat setidaknya 26 kkal.

Sawi ini keren sekali bukan? Murah tapi tidak murahan, semua orang bisa membeli sawi dan mengambil manfaat dari kandungannya yang penuh nutrisi. Jadi mulai sekarang jangan ragu yah untuk makan sawi.

author
No Response

Comments are closed.