Lebih Spesifik Lagi Dengan Demam Berdarah, Gejala, Penyebab, Pencegahan & Pengobatannya

Demam berdarah adalah penyakit yang berbahaya karena berpotensi mematikan bagi orang yang mengidapnya. Demam berdarah disebarkan melalui virus dengue yang disuntikkan oleh nyamuk Aedes Aegypti betina ke kulit manusia. Di tubuh manusia, virus ini menyebar ke seluruh bagian tubuh dan mempengaruhi sel darah putih hingga memproduksi protein yang sangat banyak.

nyamuk demam berdarah

Penyakit demam berdarah muncul dengan beberapa gejala awal seperti naiknya panas tubuh hingga 40 derajat celcius disusul demam tinggi. Sesudahnya penderita akan terserang sakit kepala hebat selama kurang lebih 7 hari. Di fase ini kulit penderita akan dipenuhi bercak warna merah dan berlanjut terus hingga di hari ke empat bercak ini akan terlihat seperti campak.

Demam tinggi biasanya akan reda setelah penderita masuk ke fase kritis dengan lama sekitar dua hari. Di fase ini biasanya muncul kebocoran kecil di pembuluh darah yang membuat cairan berakumulasi di dada dan sekitar abdomen. Karena kebocoran cairan ini, tubuh akan berhenti sirkulasi darahnya.
Memasuki tahap kesembuhan, cairan yang keluar dari pembuluh darah akan masuk lagi ke aliran darah. Di fase ini, penderita seringkali sembuh dengan sendirinya tapi sebagian lainnya akan pingsan mendadak dan koma selama beberapa hari disebaban cairan yang berlebih memasuki aliran darah di otak. Selain kelihan tadi, ada juga yang melemah detak jantungnya dan muncul rasa gatal yang hebat di seluruh badan.

Seperti yang sudah disampaikan di atas, munculnya demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk. Virus dengue ini pada mulanya masuk ke dalam jaringan tubuh nyamuk dan menetap di saluran pencernaan nyamuk dan sekitar 10 hari kemudian virus ini masuk ke kelenjar saliva nyamuk di mana air ludah diproduksi. Karena itulah orang yang terkena gigitan nyamuk ini sama saja dengan mendapat transfer virus sekalian air liur nyamuk ke tubuh manusia.

Ketika pertama kali masuk ke tubuh kita, virus ini sama sekali tidak membahayakan karena adanya perlawanan dari sistem kekebalan tubuh manusia. Tetapi semakin lama virus ini semakin banyak karena mampu menggandakan diri dan berakibat sistem kekebalan tubuh tidak lagi mampu menahan serangan virus dengue yang demikian gencar. Karena hal ini, virus dengue akhirnya menginfeksi seluruh jaringan tubuh manusia.

Pengobatan penyakit demam berdarah

1. Jus jambu biji

Sudah bukan rahasia lagi kalau daun jambu biji plus buah nya mampu mengobati demam berdarah sampai tuntas. Jambu biji berkhasiat melipatgandakan kapasitas tubuh kita dalam memproduksi trombosit (sel darah putih) sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat drastis. Maka tak keran bila penderita demam berdarah sering disarankan minum jus jambu biji oleh dokter.

2. Sari Kurma

Salah satu cara pengobatan penyakit demam berdarah adalah dengan meningkatkan produksi sel darah putih dalam darah. Ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi sari buah kurma.

3. Makan Pepaya

Banyak orang percaya bahwa daun papaya berkhasiat mengobati DBD. Biasanya daun papaya dijadikan lalapan atau urap dan dikonsumsi bersama nasi. Secara klinis ternyata daun papaya mengandung Glikosida karposid, kontinin, miomisin, psedokarpain, nikotin, karpain, dan papain.
Semoga menambah pengetahuan dan membantu anda dalam mengobati penderita DBD. Terima kasih.

author
No Response

Comments are closed.