Kenapa Hidup Bertetangga Itu Harus Rukun? Ini Alasannya. Baca dulu yah …

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh bila anda membina hubungan baik dengan keluarga atau dengan tetangga. Dalam hal ini pergaulan anda menjadi luas dan anda akan hidup rukun dalam bermasyarakat. Sangat penting sekali untuk membina kerukunan karena dalam kehidupan kita senantiasa berhubungan dengan orang lain sebagai makhluk sosial. Kita adalah makhluk yang diciptakan untuk hidup bermasyarakat sehingga membutuhkan bantuan dari orang lain.

Bila anda hidup rukun dengan tetangga maka akan memberi keuntungan juga pada diri anda. Berikut beberapa manfaat hidup rukun dengan tetangga antara lain :

gambar-1-kerukunan

Komunikasi yang berjalan baik

Resep sebuah hubungan yang baik dengan siapapun di dunia ini adalah dengan menjaga komunikasi yang baik. Melalui komunikasi efektif yang anda bangun dalam kehidupan keluarga dan masyarakat anda akan menghindari kemungkinan terjadinya pertengkaran, perselisihan dan lain-ain. Mempunyai masalah dengan orang lain sangatlah tidak nyaman dan ini harus dihindari. Dalam hidup sehari-hari anda akan selalu bertemu banyak orang, maka dari itu binalah hubungan baik dengan semua orang yang anda temui dan tawarkan bantuan begitu anda melihat indikasi adanya individu yang memerlukan pertolongan.

Hidup semakin harmonis

Kenapa kita harus hidup rukun dengan orang lain? Alasannya begini, ketika anda menghadapi masalah yang cukup pelik dan memerlukan solusi segera maka kepada siapa anda akan berpaling? Pertanyaan sederhana seperti ini pasti bisa anda jawab bukan. Saya tahu anda tidak mungkin memendam sebuah kesulitan hanya seorang diri, anda harus berbagi dengan orang lain agar masalah yang anda hadapi tidak menjadi beban. Di saat seperti ini, support dari orang-orang terdekat adalah obat paling mujarab. Oleh sebab itu, anda harus hidup harmonis agar di saat-saat sulit anda akan selalu mendapati pertolongan dari orang lain.

Hidup jadi aman dan tenteram

Bisa dibayangkan bukan jika anda punya masalah dengan tetangga anda? Apalagi dengan tetangga seberang rumah.. wahh kepala ini betul-betul pusing deh. Rasanya dunia ini kiamat dan tidak ada lagi tempat yang bisa menampung kita. Begitulah adanya, tapi coba kalau anda hidup rukun dengan tetangga, semua pasti berjalan baik saja dan tidak akan ada masalah dalam hidup sehari-hari. Intinya anda akan hidup aman dan tenteram.

Tali silaturahmi lebih erat

Apalagi sih yang kita perlukan dalam hidup ini. Kalau hidup sudah punya segalanya, ada anak, ada istri, sudah punya rumah maka yang dicari tidak lain hanyalah kedamaian dalam hidup. Betul gak? Pasti ingin dong kalau setiap hari anda hidup penuh kenikmatan dan hubungan baik dengan tetangga terus terjaga. Dengan cara ini penulis berani jamin anda akan hidup lebih bahagia di dunia dan akhirat.

Punya banyak teman

Kalau anda membiasakan hidup rukun dengan keluarga dan tetangga, dengan sendirinya anda akan punya banyak teman. Perselisihan sekecil apapun sangat minim kemungkinannya untuk bisa terjadi.

Begitulah beberapa kelebihan yang bisa diperoleh bila anda menjaga hubungan baik dengan keluarga, teman dan tetangga. Intinya dalam hidup ini anda harus banyak memberi sumbangsih pada orang lain maka otomatis hidup jadi lebih barokah dan bermanfaat.

author
No Response

Comments are closed.