Kenali Sistem Pendidikan yang Sesuai Potensi Anak

512 views

Kenali Sistem Pendidikan yang Sesuai Potensi Anak | Saat ini memang sudah bermunculan sekolah – sekolah yang menawarkan sistem pendidikan berkualitas dan sesuai dengan standar internasional untuk anak.

kenali-sistem-pendidikan-yang-sesuai-potensi-anak

Akan tetapi masalahnya sudahkah Anda sebagai orang tua tahu dengan sistem pendidikan manakah yang sesuai dengan anak Anda? Anda perlu sadar bahwa potensi setiap anak itu berbeda. Dan Anda tidak bisa menyamakan mereka. Sebelum menentukan sistem pendidikan yang tepat buat Anak, Anda perlu kenal dulu potensi anak mulai dari sejak dini.

Baru kalau Anda sudah tahu potensi anak Anda, Anda bisa menentukan mana pendidikan yang terbaik untuk mereka. Di Indonesia sendiri sampai saat ini kurang lebih terdapat empat sistem pendidikan yang telah diakui dan diterapkan serta dapat menjadi referensi Anda dalam memilih sistem pendidikan terbaik untuk anak. Berikut informasinya untuk Anda bunda!

Sistem Pendidikan Sesuai Potensi Anak

Memilih pendidikan dengan sistem pendidikan terbaik memang sangat tepat dilakukan. Dan beberapa sistem pendidikan sesuai potensi anak yang dapat dijadikan pilihan diantaranya :

Sistem UK-Cambridge

Salah satu sistem pendidikan ini diakui di Indonesia dan berasal dari Britania Raya. Program wajib belajar di Inggris mulai diberlakukan di tahun 1880 untuk anak usia 5 sampai dengan 10 tahun. Akan tetapi kemudian di tahun 2013 silam, sistem pendidikan yang satu ini menambah batas usia wajib belajar bahkan sampai dengan 18 tahun.

Sistem Eropa – International Baccalaureate (IB)

Sistem pendidikan yang satu ini merupakan sistem pendidikan yang mengaplikasikan kurikulum luas dan juga dapat mendorong penguasaan materi yang seimbang. Sistem yang satu ini juga merangsang siswa untuk menjadi seorang pembelajar sejati dengan mereka memiliki antusias belajar dan empati yang tinggi.

Riset yang dilakukan secara global sempat mencatat bahwa sekolah dengan sistem IB sangat efektif dan dapat mengembangkan lulusan secara matang.

Sistem pendidikan nasional Indonesia

Indonesia sendiri memang memiliki sistem pendidikan nasional sendiri dengan diberlakukan tiga jenjang yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

Kementrian Pendidikan dan juga Kebudayaan mengawasi dengan ketat setiap detail sistem yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan juga sikap, spiritual, personal anak juga tak kalah menjadi perhatian utamanya.

Itulah kira – kira sedikit informasi yang kali ini dapat kami berikan untuk Anda tentang Sistem Pendidikan Sesuai Potensi Anak. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

author
No Response

Comments are closed.