Kenali Penyebab Radang Tenggorokan Berikut Gejala-Gejalanya

Bila anda merasakan keanehan di tenggorokan disertai perasaan terbakar dan gatal-gatal maka anda harus mewaspadainya. Siapa tahu anda sedang diserang radang tenggorokan. Tapi sudahkah anda tahu apa itu radang tenggorokan? Menurut informasi yang kami peroleh dari mayoclinic.ord disebutkan bahwa radang tenggorokan adalah gangguan radang yang muncul di daerah faring/belakang tenggorokan. Dalam hal ini para ahli menyebut radang tenggorokan dengan faringitis. Karena pembengkakan di daerah ini, tenggorokan anda rasanya akan sakit sekali. Sensasinya mirip seperti terbakar disertai gatal-gatal, selebihnya anda sedikit susah menelan makanan dan minuman.

Obat-Tradisional-Radang-Tenggorokan-300x225

Penyebab Radang Tenggorokan

Secara khusus radang tenggorokan muncul karena dua hal. Yang pertama disebabkan karena infeksi (bakteri maupun virus) dan disebabkan oleh non infeksi (gangguan asam lambung, GERD, Iritan, Tumor, Alergi, Gejala HIV/AIDS).

Sekelompok virus bisa dengan mudah membuat anda terkena radang tenggorokan. Virus-virus ini antara lain virus croup, mononucleusis, virus cacar air, virus campak, virus influenza, dan virus demam. Adapun bakteri penyebab radang tenggorokan saat ini sudah dikenal adalah bakteri pyogenesis, dan streptococcus. Bakter-bakteri ini menyerang sistem pernafasan (saluran pernafasan) hingga menimbulkan peradangan.

Tapi selain karena masalah infeksi dan non infeksi, para ahli juga percaya kalau radang tenggorokan disebabkan oleh konsumsi makanan yang berlebihan, misalnya makanan yang terlalu pedas, dan makanan yang terlalu banyak lemak. Lainnya juga percaya bahwa hal-hal seperti polusi udara, asap kendaraan dan debu juga menyebabkan seseorang terkena radang tenggorokan. Anda juga tidak boleh menkonsumsi terlalu banyak es batu karena juga bisa menyebabkan kelainan pada tenggorokan.

Gejala Radang Tenggorokan

Saat kita terserang radang tenggorokan, yang terjadi adalah peningkatan suhu tubuh hingga mencapai 38 derajat celcius, rasa sakit saat menelan makanan dan minuman, merasa ngilu pada otot-otot tubuh, sakit kepala berlebihan, lelah yang tidak biasa, batuk dan yang pasti rasa sakit hebat di tenggorokan.

Sahabat itulah gejala-gejala radang tenggorokan, kalau sekiranya anda mengalami semua ini segeralah periksakan diri ke dokter. Agar anda tidak terkena radang tenggorokan, anda disarankan untuk menghindari makanan yang berlemak, makanan yang panas, minuman beralkohol, makanan berpengawet, berpewarna, dan merokok. Selain itu, biasakanlah hidup bersih, minum air putih dan perbanyak berolahraga. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua dan kita dijauhkan dari penyakit.

author
No Response

Comments are closed.