Kabar Bagus, Sebetulnya Jantung Tidak Berdebar Setelah Anda Minum Kopi di Pagi Hari

Bagi anda para pecinta kopi kami punya kabar bagus untuk anda. Kalau anda terbiasa minum kopi kini anda tidak perlu khawatir lagi perut kembung atau jantung berdebar cepat karena menurut penelitan terkini ditemukan bahwa semua itu tidak disebabkan karena konsumsi kopi. Semua itu ternyata lebih karena anda sendiri yang kurang berolahraga.

minum kopi tidak bikin jantung berdebar

Dalam sebuah jurnal internasional yang diterbitkan beberapa tahun lalu disebutkan bahwa konsumsi kopi setiap hari sama sekali tidak membahayakan kesehatan jantung. Hal ini memang jauh bertolak belakang dengan temuan medis bahwa kafein yang terkandung dalam kopi bekerja meningkatkan ritme detak jantung sehingga membahayakan kesehatan.

Penulis jurnal ini, Dr. Gregory Marcus menyatakan bahwa kebanyakan ahli kesehatan merekomendasikan agar kita tidak mengkonsumsi makanan dengan kafein tinggi sebab berpotensi menyebabkan ritme jantung terganggu detakannya.

Hal yang sama juga berlaku untuk jenis minuman lainnya yang kandungan kafeinnya di atas ambang batas normal. Mengkonsumsi minuman berkafein sebetulnya diperbolehkan tapi jangan terlalu sering. Minum teh atau kopi dan coklat boleh-boleh saja karena ada juga manfaatnya untuk kesehatan.

Penelitian ini melibatkan partisipan sebanyak 1400 orang dan semuanya sehat serta diberi perlakuan minum kopi, teh, dan coklat. Sebagai pelengkap, semua orang diberi alat pengukur detak jantung yang harus dipakai selama 1 bulan. Dari hasil pemantauan bisa diketahui seberapa pesat perkembangan detak jantung seorang individu.

Mereka yang mengkonsumsi banyak minuman berkafein jumlahnya mencapai 61% tapi tidak menunjukkan tanda-tanda mereka merasakan gangguan detak jantung. Meskipun demikian anda tetap tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi makanan atau minuman berkafein guna memastikan kesehatan anda sendiri.

Setiap orang tidak selalu mendapat efek yang sama setelah minum kopi. Jadi tak masalah jika anda minum kopi di pagi sesudah sarapan atau di sore hari. Yang penting konsumsi harian anda tidak berlebihan. Setuju kan sob?

author
No Response

Comments are closed.