Jangan Salah Yah, Kebanyakan Cek Media Sosial Bisa Memperburuk Kualitas Tidur Anda

Apa saja gadget yang anda miliki? Seberapa sering anda memainkannya? Semua pertanyaan ini pasti bisa anda jawab dengan mudah. Memang betul dalam aktivitas sehari-hari kita tidak bisa lepas dari gadget karena fungsinya yang seperti hiburan, tapi kalau terlalu parah bisa-bisa kualitas tidur anda jadi terganggu. Kalau sudah terganggu, stress bisa datang lebih cepat dan membuat aktivitas anda sehari-hari terganggu.

hindari-gadget-sebelum-tidur-300x204

Media-media di eropa dan amerika sering membahas isu ini dan merekomendasikan agar kita bisa menjaga kualitas tidur, waktu tidur yang disarankan setidaknya 8 jam sehari dan usahakan agar anda terlepas dari gadget. Anda tahu, kalau anda terlalu sering membuka medsos seperti facebook, instagram, hingga twitter maka waktu tidur anda akan terganggu karena keasyikan bermain gadget.

Dikatakan bahwa kebiasaan membuka facebook, twitter, path dan lain-lain sebelum tidur bisa membuat waktu tidur tertunda hingga sangat sulit untuk sekedar menutup mata. Kalaupun bisa tertidur, rata-rata sebagian akan terbangun di malam hari hingga tidak bisa tertidur lagi. Seorang peneliti bernama Dr. Jessica Levenson mengatakan bahwa :

“Kebiasaan membuka medsos di malam hari sebelum tidur memperburuk kualitas tidur seseorang. Karena kurang tidur kini seseorang jadi rentan terhadap penyakit mematikan seperti jantung dan kanker. Selain itu, kurang tidur juga mengakibatkan menurunnnya daya ingat dan konsentrasi seseorang.”

Lebih dari itu, Dr. Brian Primack menyampaikan bahwa :

“Kesulitan tidur boleh jadi disebabkan oleh terlalu seringnya seseorang memainkan gadget. Dalam hal ini kerja otak dipengaruhi oleh layar cerah dari gadget. Pengaruhnya akan lebih buruk bila seseorang membuka medsos tersebut dalam waktu yang sangat panjang.”

Sahabat, kalau anda ingin kualitas tidur anda lebih baik lagi maka saran kami sebaiknya anda mematikan gadget anda saja sebelum tidur. Fokuslah untuk tidur dan hilangkan beban pikiran hingga anda terbebas dari kemungkinan terserang penyakit berbahaya dan mematikan. Oke, apakah menurut anda artikel ini bermanfaat? Kalau ya, silakan beri komen di bawah yah.

author
No Response

Comments are closed.