Jangan Lupakan Kesehatan Tulang Anda, Ini Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Banyak kan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari yang menuntut kondisi tubuh fit dan selalu sehat setiap saat. Kalau anda seorang pekerja konstruksi yang berkutat dengan benda berbobot berat, maka sudah seharusnya jika tulang anda kuat dan prima. Jangan sampai sedikit kesalahan saja membuat persendian anda keseleo atau terluka. Hal yang sama berlaku untuk atlit profesional seperti petenis, pesepakbola dan lain-lain. Semuanya harus memiliki otot yang kuat dan tulang yang sehat. Tapi bagaimana cara menjaga kesehatan tulang agar tetap sehat? Yuk kita bahas caranya satu persatu.

tulang yang kuat

Anda tidak boleh mengkonsumsi minuman bersoda.

Soda memang enak rasanya, sejuk di tenggorokan dan adem di lambung. Tapi tahukah anda kalau anda minum terlalu banyak soda maka resiko yang anda peroleh adalah kesehatan tulang anda terganggu? Betul sekali, terlalu banyak soda yang anda minum akan berakibat kandungan kalsium di tulang anda akan berkurang sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Vitamin D

Anda membutuhkan banyak vitamin D agar kesehatan tulang anda terjaga dengan baik. Vitamin D bisa anda peroleh dari banyak sayuran yang berwarna kehijauan misalnya brokoli.

Konsumsi Susu

Susu memiliki banyak kandungan yang baik untuk pertumbuhan tulang seperti kalium, fosfor, protein, vitamin D dan kalsium. Dengan minum susu setiap hari, anda memastikan kesehatan tulang anda terjaga dengan baik.

Berolahraga secara rutin

Kalau anda ingin kondisi tubuh tetap bugar dan fit, anda harus berolahraga secara teratur dan sesering mungkin. Dengan berolahraga, anda menempa tulang anda agar terbiasa beraktivitas. Berkat olahraga pula tulang dan otot anda menjadi sehat dan lebih kuat.

Berhenti merokok

Kalau anda ingin sembuh dari penyakit yang berhubungan dengan gangguan tulang maka berhentilah merokok dan jangan minum alkohol.

Berjemur

Anda sering mendapati orang tua berjemur di pagi hari di depan rumahnya bukan? Ini bukan hal yang buruk, ini adalah kebiasaan yang biak. Sinar matahari pagi, apalagi di sekitar pukul 8 hingga 10 pagi memiliki kandungan provitamin D yang mengaktifkan vitamin D di kulit anda.

Konsumilah bawang-bawangan

Tips terakhir untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan sesering mungkin makan banyak bawang baik bawang merah maupun bawang putih. Kedua jenis bawang ini sangat bagus karena memiliki zat belerang yang cukup banyak di dalamnya. Ini sangat baik untuk tulang anda.

Nah sekarang anda bisa berupaya untuk memperbaiki kondisi tulang anda jika keadaannya agak memprihatinkan atau menjaga agar kondisinya tetap fit dengan ketujuh tips di atas.

author
No Response

Comments are closed.