Jaga Kesehatan Tulang Anda Dengan Cara Alami ini

452 views

Manusia adalah makhluk yang dibekali dengan keistimewaan dari kedinamisan gerak tubuhnya. Manusia bisa melakukan gerakan-gerakan yang mengagumkan dan merupakan hasil kerja kompak dari jaringan tubuh yaitu tulang dan otot. Tulang adalah area di mana jaringan otot dan daging menempel.

kelainan tulang

Tulang dan beberapa kelainannya

Sedikit saja terjadi pergeseran atau kelainan pada tulang maka hal ini akan berakibat fatal pada fungsi seluruh bagian tubuh. Oleh sebab itu, dalam melakukan aktivitas apapun hendaknya anda berhati-hati agar tidak mengakibatkan kerusakan dan kelainan pada kondisi tulang anda. Beberapa kerusakan dan kelainan tulang yang bisa menimpa anda antara lain tulang keropos, tulang retak, kanker tulang, patah tulang, osteoporosis hingga flu tulang.

Kelainan yang tadi saya sebutkan bisa anda rasakan apabila anda tidak menjaga kesehatan tulang anda. Tapi cara yang baik dalam menjaga kesehatan tulang itu seperti apa? Berikut kami uraikan di sini cara-caranya :

Jagalah posisi duduk anda

Pada beberapa kondisi ada beberapa posisi duduk yang salah dan bisa mengakibatkan kelainan pada tulang belakang bila kebiasaan ini tidak dirubah. Oleh sebab itu aturlah agar ketika anda duduk posisiny selalu ergonomis. Caranya :

  1. Sebisa mungkin kaki harus kena ke lantai
  2. Duduklah dengan posisi tulang punggung yang rileks dan tegak
  3. Sedapat mungkin tidak menengadahkan kepala saat sedang duduk
  4. Pilihlah kursi dengan sandaran dari bahan busa yang baik
  5. Pilihlah kasur yang nyaman sebagai alas tidur anda

Seringkali ketika kita bangun tidur tiba-tiba leher terasa pegal dan sakit. Belum lagi rasa nyeri di bagian tulang yang lain sebagai ekses buruk karena kasur yang digunakan tidak pas dengan bentuk tulang belakang anda. Kasur yang permukaannya keras akan membuat tidur tidak terasa nyaman.

Untuk kenyamanan tidur anda, pilihlah kasur yang nyaman dan empuk agar tulang anda tetap sehat.

Berdiam diri terlalu lama

Seorang pekerja kantoran biasanya mengeluhkan sakit di pinggang atau punggung yang pegal. Kebiasaan berdiam diri dalam jangka panjang sangat buruk untuk kesehatan tulang sehingga harus dihentikan. Sesekali rubahlah posisi duduk anda atau selingi dengan berdiri beberapa saat. Anda memerlukan sedikit waktu untuk menenangkan diri agar tulang dan persendian lebih relaks.

Berolahraga

Persendian dan bagian tulang lainnya akan tumbuh lebih kuat bila anda sering berolahraga. Saran kami berolahragalah setidaknya 30 menit sehari dengan frekuensi 2x dalam seminggu. Saran lainnya, berjalanlah menaiki tangga dan berjalan kaki paling tidak 2 km. dengan membiasakan hal ini kesehatan tulang akan terjaga dengan baik.

Makanan kaya kalsium

Agar tulang tidak mudah rusak, anda memerlukan asupan kalsium yang tinggi. Anda bisa memperoleh kalsium dari beberapa jenis buah-buahan dan sayuran. Pilihlah yang masih segar agar nutrisinya tidak hilang.

author
No Response

Comments are closed.