Inilah cara Paling Mudah dan Alami Untuk Mengatasi Karang Gigi

Kalau anda hanya mengandalkan gosok gigi saja untuk mengatasi karang gigi dan plak gigi maka sepertinya mustahil sekali untuk dilakukan. Ini karena kedua kotoran gigi ini biasa menempel bak perangko di gigi anda. Karang gigi muncul karena anda kurang memperhatikan kebersihan gigi, biasanya disebabkan oleh sisa makanan yang terlalu lama menempel di gigi dan tidak dibersihkan hingga lama-lama menjadi kerak. Oleh sebab itu bila anda selesai makanan paling tidak kumur-kumur dulu agar sisa makanan tidak menyelinap di sela-sela gigi hingga mengeras.

mengatasi karang gigi

Yang menjadi masalah adalah kesediaan anda untuk membersihkan gigi anda baik sesudah sarapan pagi atau sebelum pergi tidur. Kalau anda jarang gosok gigi maka siap-siap saja mulut anda akan mengeluarkan bau tidak sedap dan berwarna kuning. Aduh jorok banget deh pokoknya.

Sahabat, beberapa kebiasaan selain jarang membersihkan sisa makanan adalah karena jarangnya anda berkumur, karena kebiasaan merokok yang parah dan sering makan permen manis. Kalau kebersihan dan kesehatan mulut tidak dijaga, jujur saja, penampilan anda jadi agak terganggu. Misalnya sewaktu anda tertawa, gigi kuning anda akan terlihat jelas belum lagi aroma bau tak sedap dari mulut anda yang akan dikeluhkan banyak orang.

Takukah anda bahwa terdapat banyak celah diantara barisan gigi anda? Di tempat sempit inilah biasanya makanan terselip dan akan membusuk lalu menempel menjadi keras bila anda tidak buru-buru membersihkannya. Sikat gigi yang modern saja belum tentu bisa menjangkau letak celah gigi paling dalam di gusi kita, solusinya anda bisa menggunakan air yang diberi garam lalu berkumur untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi.

Sahabat jangan Cuma dibaca saja yah apa yang penulis sampaikan di sini. Anda tahu kan kalau pengetahuan Cuma dihafal saja dan tidak dipraktekkan maka itu jadi tidak berguna sama sekali. Begitu juga dengan kebiasaan buruk anda yang tidak baik yang bikin gigi jadi kuning dan berbau. Selain merusak penampilan, sewaktu-waktu gigi bisa terserang infeksi dan pencernaan bisa terganggu.

Solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi karang gigi adalah sebagai berikut :

Anda harus secara rutin menggosok gigi

Iklan komersial yang anda lihat di televisi seringkali menganjurkan agar anda menggosok gigi dari atas ke bawah, ini keliru, yang benar adalah dari bawah ke atas. jangan lupa pula menggosok gigi di bagian dalam dan permukaan gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah. Pokoknya gosoklah gigi minimal 2 kali sehari oke!

Gigi digosok dengan kulit jeruk

Aduh mulai sekarang jangan pernah buang lagi kulit jeruk yah. Kulit jeruk yang dianggap sampah ternyata bermanfaat untuk membersihkan karang gigi karena mengandung vitamin c yang sangat baik untuk gigi anda.

Makanlah Apel

Apel tidak hanya enak, bila digunakan secara tepat bisa membantu menghilangkan karang gigi anda. Kulumlah sepotong irisan buah apel selama beberapa menit, ini akan menggerus karang dan plak di gigi anda. Lakukan sesuka hati anda.

Membiasakan berkumur setelah makan

Karena bulu sikat gigi tidak bisa masuk ke celah-celah gigi, anda bisa berkumur untuk menjangkau plak yang ada di celah itu. Akan lebih baik bila anda berkumur memakai cairan pembersih mulut yang direkomendasikan oleh dokter.

Masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi plak dan karang gigi yang bandel. Tapi itu tergantung pada anda sendiri. Bila anda malas gosok gigi maka anda akan terserang penyakit mulut dan gigi. Jadi jaga kebersihan mulut yah!

author
No Response

Comments are closed.