Ini Dia Manfaat Hidup Hemat dan Keutamaannya yang Belum Anda Ketahui

Hidup terasa berat dengan segala beban perekonomian yang kita rasakan saat ini. Mendapat pekerjaan begitu sulit dan harus bersaing dengan banyak pencari kerja lain yang juga sama-sama serba pas-pasan. Segeralah bersyukur jika keadaan ini sedang tidak anda alami sekarang, di luar sana banyak orang yang hidupnya tidak seberuntung anda. Lantas bagaimana agar hidup anda yang sekarang makmur bisa tetap anda pertahankan sekalipun di masa depan mungkin anda tidak sesejahtera sekarang. Ada yang tahu jawabannya?

Yap, jawabannya adalah hidup hemat. Ingat sahabat, masa depan penuh dengan ketidakpastian maka dari itu tanggulangi sedari sekarang agar segalanya menjadi lebih pasti. Persiapkan masa depan anda dari sekarang dengan menabung sebagaian penghasilan anda. Bukalah rekening tabungan dan mulai menabung sedikit-demi sedikit.

Sahabat, ketika barang-barang kebutuhan harganya melonjak tajam anda pasti harus berpikir beberapa kali untuk memboroskan uang. Memang sih semua kebutuhan rumah tangga mutlak harus dipenuhi, tapi bagaimana kalau dana anda saat ini pas-pasan saja? Yap anda harus mengatur pengeluaran anda dengan sebaik-baiknya. Penghematan besar-besaran mungkin harus dilakukan agar rumah tangga anda tidak collapse.

hidup hemat

Berikut adalah beberapa manfaat hidup hemat untuk masa kini dan masa depan :

Prioritas hidup terpenuhi dan hidup lebih damai

Sahabat, semua orang baik itu orang miskin maupun orang kaya ingin hidup tenang. Betapapun kita semua berbeda, dalam hidup ini yang kita inginkan adalah ketenangan. Daripada itu prioritaskanlah apa saja yang dirasa lebih urgent dari kebutuhan sehari-hari anda. Tinggalkan dulu apa yang kurang penting. Dengan cara ini, kebutuhan hidup pasti akan terpenuhi dan anda masih punya sedikit tabungan yang anda sisihkan untuk esok hari. Ingat jangan besar pasak daripada tiang, biar sedikit yang penting semuanya berjalan normal. Betul kan sob?

Kondisi keuangan lebih stabil

Memang betul uang bukan segalanya, tapi apa boleh buat segalanya butuh uang. So betapapun anda cuek dengan apa yang anda miliki saat ini anda tetap harus memikirkan hidup keluarga anda. Bila anda tahu gaji bulanan anda hanya pas untuk ini dan itu, maka berpikirlah ke depan. Anda harus menstabilkan keuangan keluarga anda agar anda tidak berutang sana-sini. Jangan sampai anda mengalami yang disebut gali lobang tutup lobang yah!

Menjadi contoh bagi keluarga lain

Mungkin keluarga lain akan keheranan melihat anda dan keluarga yang bisa hidup berkecukupan padahal mereka tahu penghasian anda pas-pasan. Ini karena tetangga anda tidak tahu kalau anda pandai mengatur keuangan. Kalau ada orang yang bertanya tentang ini dan itu, lantas jawab saja kalau jawabannya adalah mengatur keuangan sebaik-baiknya.

Punya tabungan masa depan

Sobat, berapapun kecilnya uang yang anda tabung dari sekarang. Anda nanti akan mempunyai cadangan dana untuk dipakai di masa depan. Jadi prinsip orang hidup itu jangan hanya untuk sekarang saja, masa depan juga harus dipikirkan. Lihat saja artis-artis tahun 70 an yang dulu hidup serba wah dan berpesta pora tapi sekarang sakit-sakitan dan bayar biaya rawat inap di rumah sakit saja kewalahan.

Aduh jangan sampai ini menimpa anda, sisihkan sebagian penghasilan anda untuk masa depan karena yang peduli pada hidup anda adalah anda sendiri. Betul bukan?

author
No Response

Comments are closed.