Ini Dia Cara Terlengkap Untuk Memelihara Kucing Persia

Kucing Persia memiliki keunikan tersendiri yang lain dari jenis kucing lainnya. Hidung mereka pesek dengan tubuh yang gemuk dan padat, kepala bulat dan besar ditambah bulu yang sangat tebal. Dibandingkan kucing lokal, kucing Persia hampir seperti makhluk asing yang sangat berbeda. Anda langsung bisa mengenalinya karena fitur tubuhnya begitu spesifik. Lalu bagaimana cara merawat kucing Persia milik anda agar selalu sehat dan tambah menggemaskan?

Saat ini apakah anda sudah punya kucing Persia atau baru berencana untuk memiliki beberapa ekor untuk anda pelihara di rumah? Kalau belum punya akan lebih baik bila anda mempersiapkan dulu semua perlengkapan yang diperlukan kucing Persia antara lain :

memelihara kucing peliharaan

Makanan

Seekor kucing harus diberi pakan setidaknya 3 kali sehari dengan makanan yang berlabel tertentu. Misalnya kalau kucing Persia peliharaan anda masih kecil maka makanan yang dipilih hendaknya diberi label kitten. Ini penting karena setiap produk makanan kucing memiliki merk berbeda dan kandungan nutrisinya pun tidak sama.

Takaran Makanan

Setiap hari kucing anda diberi makan dan setiap sesi makan diberi takaran yang berbeda. Anda bisa mengatur pemberian makanan dengan penyesuaian yang berbeda-beda. Misalnya di pagi hari diberi takaran tiga sendok makan sedangkan di siang dan sore hari diberi takaran seperempatnya saja. Ini penting agar kucing Persia anda tidak mengalami obesitas atau kegemukan.

Menyediakan tempat makan dan minum

Untuk lebih memanjakan kucing Persia yang anda pelihara, anda harus menyediakan tempat makan tersendiri yang variasinya cukup banyak di pasaran. Anda bisa memilih tempat makan kucing dengan satu atau dua lubang karena jauh lebih efisien. Selalu ingat pula untuk mengisinya sesuai jadwal makan yang dibuat. Ajarkan kucing untuk makan di tempat makan yang sudah anda sediakan.

Bak pasir

Di saat tertentu pasti kucing anda pingin poop bukan? Karena mereka anda pelihara, maka kebutuhan untuk hal ini harus anda fasilitasi juga. Sediakan sebuah bak pasir sebagai tempat kucing anda poop dan pipis setiap hari.

Pasir

Coba deh lihat kebiasaan kucing lokal yang doyan buang poopnya di sembarang tempat tapi toh mereka dengan telaten menguburnya kembali. Nah kebiasaan ini juga ada lho pada kucing Persia, oleh sebab itu sediakan pasir yang cukup banyak. Kalau bisa yang ada aroma buahnya.

Kerokan pasir

Alat yang satu ini fungsinya untuk mengambil poop kucing yang menumpuk di bak pasir. Setelah itu lalu bisa dibuang.

Shampoo

Agar kucing Persia anda selalu sehat dan terawat, anda harus memandikannya paling tidak seminggu 2 kali dengan shampoo khusus untuk binatang peliharaan. Hendaknya anda memandikan kucing dengan hati-hati.

Kapas dan Baby Oil

Kucing harus dibersihkan bagian mata dan telinganya dengan kapas dan baby oil saat dimandikan. Kucing harus dirawat agar ketika sedang anda pegang baunya tetap harus.

Demikian sedikit ulasan tentang merawat kucing Persia, semoga bermanfaat untuk anda dan si manis sahabat setia anda.

author
No Response

Comments are closed.