Ini Cara Merawat Anak Kucing Persia Yang Baru Lahir

774 views

Punya anak kucing lucu bisa bikin panjang umur lho, demikian sebagian orang bilang. Saat anak kucing Persia baru lahir, anda lebih baik turun tangan langsung untuk merawatnya karena belum tentu induk yang baru melahirkannya bisa merawatnya secara maksimal. Perawatan di awal membutuhkan bantuan manusia agar nanti anak kucing ini bisa tumbuh sehat dan selamat. Diperlukan tangan terampil untuk merawat binatang peliharaan apalagi kucing Persia. Simak ulasannya berikut ini :

kucing lucu

  1. Sesaat setelah anak kucing dilahirkan, sang induk akan menjilat-jilat bulu anaknya untuk membersihkannya. Tapi kalau si induk tidak melakukan hal ini, anda bisa menggantikannya dengan memakai kain lembut atau tissue pembersih lainnya.
  2. Agar tidak terjadi infeksi pada tali pusar saat akan dipotong, anda bisa menggunakan cairan betadine. Anda harus memastikan agar tali pusar ini dalam keadaan bersih, jangan sampai lalat hinggap di situ karena larva lalat bisa menimbulkan infeksi.
  3. Anak kucing memerlukan material hangat untuk menghangatkan tubuhnya, untuk ini anda bisa menggunakan handuk bersih yang tebal sebagai alas tempat tidurnya. Kalau mau sedikit repot anda bisa menambahkan lampu pijar agar tingkat kehangatan bisa diubah-ubah.
  4. Sebaik apapun perawatan yang kita berikan untuk kucing tak bisa membandingi perawatan yang diberikan oleh induknya sendiri karena seperti ibu kita di rumah, induk kucing punya naluri keibuannya sendiri. Tapi ada kalanya seekor induk tidak bisa memberikan itu semua, sebagai gantinya anda bisa memberikan itu semua. Misalnya jika si induk tidak bisa menyusui si anak kucing maka belilah susu khusus bayi kucing di petshop. Susu jenis ini mengandung kolostrum yang khasiatnya untuk membantu si kucing poop untuk pertama kalinya.
  5. Untuk kenyamanan si kucing anda harus memberinya kandang.
  6. Apabila umur si kucing sudah mencapai 3 minggu, anda bisa memberi makanan khusus untuk kucing. Perhatikan, jangan memilih makanan anjing untuk kucing anda karena pada anjing tidak mengandung taurin padahal zat ini tidak sangat diperlukan oleh kucing.
  7. Anda harus serajin mungkin membersihkan tali pusar dan anus kucing Persia anda.
  8. Beri kucing anda mainan yang bisa dia mainkan untuk melatih kelincahan si kucing. Berikan ia bola kecil atau benang sehingga syaraf dan kontraksi otot si kucing bisa dilatih.

Tips ini sudah dicoba oleh banyak pemilik kucing Persia lho, anda juga pasti bisa melakukannya. Kalau anda punya tips keren lainnya tentang cara mengurus anak kucing Persia, tulis di bawah yah. See you.

 

author
No Response

Comments are closed.