Ini Cara Menyimpan Sikat Gigi Yang Aman

523 views

cdd765ed-0800-4e4b-9d10-6e8c7b3b14af_43

Selama ini bagaimana kebiasaan anda dalam menyimpan sikat gigi? Menyimpannya asal-asalan saja ternyata tidak baik untuk ksesehatan karena berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri penyebab penyakit. Dalam penelitian yang dilakukan di laboratorium, permukaan sikat gigi yang terlihat bersih, setelah diperbesar beberapa ribu kali dengan mikroskop paling canggih ternyata dihuni oleh ribuan bakteri E. Coli dan staphylococcus yang sering terdapat pada luka infeksi.

So anda tidak boleh menyimpan sikat gigi sembarangan tapi harus memperhatikan beberapa hal berikut jika ingin anda dan keluarga hidup sehat. Selain bakteri, sikat gigi yang disimpan di mana saja juga banyak debunya hingga harus sering dibersihkan. Penyimpanan sikat gigi harus diperhatikan, berikut ulasan lengkapnya :

Simpan jauh dari toilet

Kalau anda menyimpan sikat gigi hanya berjarak beberapa meter dari toilet, maka mulai hari ini sebaiknya anda menyimpannya sedikit lebih jauh lagi. Perhatikan agar semburan air dari toilet tidak mengenai bagian atau permukaan dari sikat gigi. Kalau memungkinkan, taruh sikat gigi di ruangan yang terpisah.

Bersihkan sikat gigi sampai betul-betul bersih

Sesudah dipakai menggosok gigi, anda harus membersihkan sikat gigi menggunaka air mengalir agar bakteri dan zat lainnya ikut hilang terbawa aliran air. Pastikan sikat gigi sudah betul-betul bersih agar tidak menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi bakteri dan agen berbahaya lainnya.

Sikat gigi disimpan dengan kepala menghadap ke atas

Satu hal harus diingat, anda harus menyimpan sikat gigi dengan posisi kepala menghadap ke atas. Tidak boleh terbalik. Setelah itu tempat penyimpanan yang dipilih hendaknya memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan menyimpan sikat gigi di lemari atau cabinet karena kedap udara. Tempat penyimpanan seperti ini sirkulasi udaranya kurang, lembab dan memudahkan bakteri berkembang biak dengan cepat.

Ganti sikat gigi secara berkala

Jika sudah lewat tiga bulan, sebaiknya anda mengganti semua sikat gigi yang selama ini dipakai. Frekuensinya harus lebih intens kalau anda sering terserang flu atau batuk. Ganti sikat gigi karena bisa menjadi media penularan bakteri penyebab penyakit flu dan batuk.

Sahabat, nah itu tadi 4 hal yang harus diperhatikan terkait cara penyimpanan sikat gigi yang benar. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Comments are closed.