Ini Cara Menjaga Kehamilan Yang Masih Muda Agar Sehat

Anda pasti begitu bahagia ketika anda memeriksakan diri ke dokter kandungan dan positif dinyatakan hamil. Tapi sedikit rasa khawatir dengan keadaan janin dan bagaimana kondisi anda saat melahirkan nanti pasti ada. Oleh sebab itu anda harus menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat ketika sedang hamil. Semua yang anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh akan berpengaruh besar pada kesehatan bayi saat dilahirkan nanti. Jadi bagaimana cara menjaga kehamilan agar anda dan bayi yang dikandung selalu sehat? Untuk ini, silakan anda simak beberapa tips menjaga kehamilan untuk ibu yang sedang mengandung agar bayinya cerdas dan sehat.

Ibu-Hamil

Turuti Pantangan

Saat anda hamil, anda harus menghindari mengkonsumsi makanan-makanan yang menyebabkan panas dalam tubuh seperti makan nanas dan buah durian. Efek panas yang dihasilkan makanan jenis ini menghasilkan ketidaknyamanan pada bayi yang sedang dikandung.

Berhenti merokok

Apabila anda seorang perokok, mulai sekarang cepatlah berhenti merokok. Bila sebelumnya bukan perokok, sekali-kali janganlah menjadi seorang perokok. Di dalam rokok terdapat banyak bahan kimia yang berpotensi membahayakan janin, utamanya bila usia kehamilan anda masih begitu muda. So bila anda peduli dengan kesehatan bayi anda maka berhentilah berokok mulai hari ini oke!

Membatasi Aktivitas

Yang namanya sedang hamil maka anda harus mengurangi aktivitas anda yang terlalu berat. Anda harus mengurangi aktivitas anda agar tidak cepat lelah supaya perkembangan janin di perut tidak terganggu. Akan lebih baik bila anda banyak beristirahat saja saat sedang hamil.

Olahraga

Mulai sekarang lakukan sedikit olahraga ringan seperti senam hamil. Bila anda tidak bisa melakukan senam hamil, lakukan saja beberapa olahraga ringan yang menyehatkan seperti jalan-jalan berkeliling rumah supaya otot tubuh anda tetap lemas.

Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh

Saat sedang hamil tubuh anda memerlukan nutrisi yang memadai. Bayi yang sedang dikandung saat ini memasuki tahap perkembangan yang sangat serius di mana kebutuhan akan nutrisi begitu besar dan berpengaruh. Nutrisi yang harus dipenuhi pun cukup beragam seperti asam folat, vitamin, mineral, kalsium, protein, dan karbohidrat. Semua zat esensial ini harus dipenuhi oleh ibu demi kesehatan bayi yang dikandungnya. Nutrisi ini bisa anda peroleh dari kacang hijau, ikan, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Minum susu

Agar ibu hamil tercukupi kebutuhan nutrisinya, maka harus diusahakan untuk banyak minum susu. Kandungan nutrisi yang terdapat pada susu ibu hamil sanga banyak sehingga bagus untuk perkembangan janin.

Melakukan pola hidup sehat

Saat sedang hamil anda harus melakukan pola hidup sehat. Pastikan untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein dan beralkohol, konsumsilah makanan bergizi tinggi dan banyaklah minum air putih. Anda juga harus menjaga pola tidur anda, perbanyaklah istirahat suaya bayi yang dikandung kesehatannya terjaga.

Jika anda ingin bayi anda sehat baik saat masih dikandung maupun ketika dilahirkan nanti, maka berkonsultasilah dengan dokter. Semoga semua yang kami sampaikan di sini bisa bermanfaat untuk anda dan bayi anda selalu sehat. Terima kasih.

author
No Response

Comments are closed.