Ini Cara Menghindari Dosa Yang Tidak Terasa

947 views

Adigang

Banyak dari kita berbuat sesuatu dengan anggapan bahwa apa yang kita perbuat itu hal yang benar. Tapi kenyataannya tidak seperti itu, adakalanya perbuatan itu salah. Inilah yang terjadi dengan dosa riya. Kita menampilkan perbuatan baik di hadapan manusia padahal yang ingin kita dapatkan hanyalah sejumput pujian dari manusia. Tanpa kita sadari kita sudah berbuat riya. Inilah dosa yang hampir tak bisa kita rasakan.

Tidak sepatutnya seorang muslim berbuat riya, alasannya karena riya itu identik dengan perbuatan syirik dan munafik. Kita tidak boleh riya sebabnya yang kita puja dan puji hanya Allah semata. Jadi seorang yang riya keimanannya itu bukan untuk Allah tapi untuk yang lain. Kalau boleh dibilang, riya itu seperti menduakan Allah. Aduh celakanya kita kalau Allah saja sudah kita duakan, jaminannya apalagi coba kalau bukan neraka.

Serem banget yah. Tapi inilah kenyataannya, riya hampir tidak bisa kita rasakan. Demikian halnya dengan amalan shalat, shalat yang dilakukan dengan riya maka sama sekali tidak akan diterima. Allah sendiri berfirma, “Barangsiapa berbuat riya maka Allah menjelek-jelekannya, dan barangsiapa berbuat sum’ah maka Allah membeberkan sum’ahnya (kepada manusia),” (Muttafaq alaih).

Berikut adalah beberapa tanda bahwa kita sudah riya, silakan disimak baik-baik :

  1. Seseorang akan dengan semangat beribadah kepadaAllah jika mendapat pujian tapi akan sangat malas jika pujian itu habis sama sekali.
  2. Malas beribadah jika sedang sendirian tapi rajin kalau sedang bersama manusia
  3. Bersedekah tapi dilandasi keinginan dilihat oleh orang lain
  4. Seseorang berkata-kata tentang kebaikan tapi apa yang diniatkan di hatinya bukan untuk Allah

Itulah beberapa indikasi ringan yang sering tidak disadari bahwa kita sudah riya. Coba evaluasi lagi ibadah kita, kepribadian kita, barangkali ada beberapa darinya yang tidak diniatkan untuk Allah.

author
No Response

Comments are closed.