Ingin Website Bebas Hack? Lakukan Tips Meningkatkan Keamanan Website Ini

aman dari hackerSetiap pemilik dan developer website pasti menginginkan tingkat keamanan yang tinggi pada website yang dikelolanya. Pasalnya, tingkat keamanan secara tidak langsung akan meningkatkan performa situs web yang bisa menarik kenyamanan para orang yang berkunjung. Website tentunya berisikan hal-hal informatif maupun pribadi yang sama-sama membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi.

Selain berisikan informasi penting dan pribadi, membangun website dengan sedemikian rupa cara dan usaha tidaklah mudah. Terkadang, beberapa dari Anda pasti juga membutuhkan biaya yang jumlahnya tidak sedikit. Bahkan, ada yang lebih berharga yaitu ide yang belum tentu bisa diaplikasikan kembali pada platform lainnya. Nah, untuk itu menjaga agar web bebas dari ancaman digital penting sekali untuk dilakukan.

Sebagai usaha dari antisipasi pencegahan hack, Anda bisa menyimak dan memahami tips meningkatkan keamanan website seperti yang tertera di bawah ini:

Mulai Melakukan Pemasangan SSL

Apakah Anda tahu apa itu SSL? Ya, SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer yang merupakan salah satu protokol keamanan yang fungsinya untuk membuat tautan dalam bentuk enkripsi d antara server web dengan web browser yang ada dengan menggunakan komunikasi secara online. Jadi, pada intinya enkripsi yang dibuat tersebut akan beroperasi dengan cara membentuk jaringan komunikasi yang ada di antara Titik A dan juga Titik B (antara web server dengan web browser).

Pemasangan SSL sendiri merupakan salah satu tips meningkatkan keamanan website. SSL ini diklaim sangatlah penting untuk performa dan kelangsungan hidup suatu situs web. Dengan adanya SSL yang terpasang pada website Anda, berbagai informasi pribadi seperti transfer data, informasi transaksi kartu kredit hingga informasi login bisa dijaga dengan sangat baik dan aman.

Baca juga : SSL terbaik dan termurah di Indonesia

Rajin Melakukan Pembaharuan pada Website

Tips meningkatkan keamanan website yang selanjutnya ialah dengan cara rajin melakukan pembaharuan atau update pada website Anda. Hal ini seringkali dianggap sepele padahal ia merupakan salah satu cara agar website Anda tetap terjamin keamanannya. Terlebih lagi website yang menyangkut dengan profil sebuah perusahaan yang pasti jarang dilakukan pembaharuan. Apabila seperti itu, maka dikhawatirkan keamanan website menjadi dipertanyakan.

Jadi, alangkah lebih baik jika Anda terus rajin melakukan pembaharuan berkala setidaknya satu bulan sekali karena sistem CMS yang Anda gunakan pada website biasanya akan memberikan pembaharuan terbaru dalam jangka waktu tertentu. Jadi, secara tidak langsung sistem keamanan pada website Anda juga akan semakin kuat dan terjamin. Jadi, jangan lupa untuk selalu rajin melakukan pembaharuan, ya!

Menggunakan Password yang Tidak lemah

Perlu Anda ketahui bahwa selain melakukan pemasangan SSL, menggunakan password yang tidak mudah ditebak orang lain merupakan salah satu tips meningkatkan keamanan website. Anda pasti harus selalu memasukkan password di setiap pembuatan akun di dunia maya. Hal itu berguna untuk menjaga informasi pribadi Anda agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, alangkah baiknya jika Anda menggunakan kombinasi password yang lebih variatif seperti kombinasi angka, simbol dan juga huruf. Atau gunakan juga perpaduan huruf kapital, tanda baca dan juga huruf kecil. Dengan begitu, pihak yang tidak bertanggung jawab tidak akan mampu membobol password Anda. Jadi, tips meningkatkan keamanan website selanjutnya yang bisa Anda terapkan ialah dengan menggunakan password yang kuat dan tidak mudah untuk ditebak orang lain

Melakukan Backup Website secara Berkala

Pasti ada banyak sekali data sekaligus juga informasi yang ada pada website yang Anda. Jadi, jangan lupa untuk selalu melakukan backup data website secara berkala. Hal ini sangatlah penting. Perlu diingat sekali lagi, sangat penting. Lakukanlah backup file setidaknya seminggu sekali. Namun, perlu Anda ketahui juga untuk tidak melakukannya di server situs yang Anda pakai, karena mungkin saja masih bisa diretas oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, tips meningkatkan keamanan website selanjutnya yaitu lakukanlah backup file untuk website di server yang lainnya agar tidak mudah untuk dilacak pihak tak bertanggung jawab yang bisa membobol data-data pribadi serta informasi pada website Anda. Dengan begitu, website Anda akan jauh lebih aman dan keberadaan informasi yang ada di dalamnya juga dapat terlindungi dengan baik.

Baca juga : cara membuat email dengan nama domain sendiri

Menggunakan Jasa Hosting yang Terpercaya

Tips meningkatkasn keamanan website yang terakhir adalah dengan selalu menggunakan jasa hosting atau web server yang tepercaya. Jadi, saat memiliki sebuah website, Anda tentu tidak akan bisa melakukannya tanpa menggunakan jasa hosting. Nah, saat ini sudah ada banyak sekali jasa hosting yang tersedia di dunia maya. Untuk itu, pelajari kembali ulasan para konsumen yang sudah pernah menggunakan jasa hosting tertentu sebelumnya. Kira-kira, apakah jasa hosting tersebut rekomendasi terbaik atau bukan.

Itulah beberapa informasi mengenai tips meningkatkan keamanan website yang bisa Anda terapkan. Pasalnya, keamanan website merupakan hal krusial dan sangat penting untuk menjaga agar informasi apapun itu yang ada di dalamnya tidak disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, utamakan keamanan website Anda ya!

author
No Response

Comments are closed.