Ihh Ngeri, Ini Akibatnya Kalau Handuk Jarang Dicuci

517 views

pentingnya-mengganti-handuk-secara-rutin

Handuk yang nyaman, bisa menyerap air saat kita selesai mandi adalah handuk yang nyaman dipakai. Handuk memang tak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-hari. Setiap hari setidaknya kita mandi hingga dua kali tapi sering juga kita lupa tidak membersihkan handuk sampai beberapa lama. Rupanya handuk yang jarang dicuci berpotensi menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan jamur lho.

Bila handuk jarang dicuci, setelah dipakai bukannya manfaat yang anda rasakan. Justru sebaliknya. Handuk kotor justru berakibat buruk pada kesehatan kulit. Saya yakin anda pasti jarang cuci handuk karena sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan yang sama. Paling tidak handuk harus dicuci seminggu sekali agar tidak menjadi tempat bersarangnya kuman.

Standar ideal untuk orang amerika, handuk harus dicuci setelah dipakai 3 sampai 4 kali tapi ukuran ini terlalu berlebihan untuk bangsa kita. Memakai handuk yang sama secara terus menerus meskipun jarang dibersihkan akan memicu kemunculan penyakit.

Hal ini sudah diteliti oleh ilmuwan di Universitas Arizona yang menemukan bahwa di dalam handuk jarang dibersihkan terdapat 25,6% bakteri E Coli yang bisa mendatangkan diare dan keracunan makanan.

Lebih dari itu, Prof. Christopher Mason, Ph. D, ilmuwan dari Weill Cornell Fisiologi dan Biofisika mengatakan bahwa pemakaian handuk yang jarang dicuci menyebabkan menempelnya kuman pada kulit wajah.

Aduh serem banget deh, ternyata seperti ini nih faktanya. Buat kamu yang jorok, mulai sekarang lebih rajin deh nyuci handuknya. Jangan sampai kulit wajah kamu jadi berantakan karena dipenuhi kuman dan bakteri. Ihhh amit-amit dech.

author
No Response

Comments are closed.