Hindari Zina, Ini Amalan Agar Dosa Zina Diampuni Allah SWT

Dalam islam, semua perbuatan yang menjurus pada Zina sangat dilarang karena bisa membawa seseorang pada kesesatan. Tapi jika seseorang sudah terlampau berbuat zina maka ada beberapa amalan yang bisa dilakukan agar dosa zina bisa diampuni oleh Allah SWT. Lantas amalan seperti apa itu yang bisa menghapus dosa Zina?

Dosa+Zina

Islam dengan jelas melarang pemeluknya untuk mendekatkan diri pada zina melalui perbuatan-perbuatan yang menjurus pada zina seperti pacaran, karena zina adalah perbuatan terlarang dan dosanya teramat besar. Bila seorang hamba berbuat zina maka sudah rusak kehormatan orang tersebut di hadapan Allah maupun di depan manusia.

Di zaman modern seperti sekarang, hal-hal yang menjurus pada zina sudah tidak dianggap lagi sebagai sebuah dosa. Ini karena pengaruh budaya barat yang sangat menyesatkan. Kini hal-hal yang mengarah pada zina sudah dianggap hal biasa dan dilakukan oleh semua orang. Menurut pengamatan penulis, kebiasaan ini sudah bukan lagi konsumsi orang non muslim saja, kini telah banyak juga umat muslim yang terjerumus pada dosa besar ini.

Mungkin anda ingin tahu bilamana perbuatan zina itu akan diampuni Allah atau tidak? kita semua tahu bahwa Allah maha pengampun dan akan mengampuni dosa semua hambanya selama hambanya itu mau bertaubat dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya di masa depan. Tapi itupun jika individu yang bersangkutan sudah sungguh-sungguh dalam taubatnya.

Taubat yang dilakukan dengan sebenar-benarnya adalah yang berlandaskan pada hati yang tulus, dan berjanji tidak akan lagi mengulangi perbuatan yang sama. Tapi ada tiga syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh seorang hamba agar dosa zinah ini bisa dihapus oleh Allah, yaitu :

Taubat

Taubat yang benar di sini adalah bila orang yang berbuat zina itu sadar dan berhenti berbuat zina. Taubat adalah sebuah keharusan yang selayaknya dilakukan oleh semua muslim yang mengaku sudah berbuat dosa. Taubat harus dimulai dari hati yang bersih disertai janji bahwa ia tidak akan lagi mengulangi perbuatan zina. Bila seseorang bertaubat dengan sungguh-sungguh maka ia tidak akan lagi mengulangi perbuatan dosa yang sama. Dengan ini, Allah akan membuka pintu rahmatnya serta memberi ampun pada orang yang betul-betul bertaubat kepadanya.

Menyesal

Bukan hanya semata-mata berjanji dari berbuat dosa, orang yang ingin dosanya dihapus itu juga harus menyesal dengan perbuatan yang telah dilakukannya. Orang yang menyesal dengan dosa yang pernah diperbuatnya tidak akan lagi melakukan perbuatan serupa di waktu yang akan datang.

Tidak Mengulangi Lagi Perbuatan Maksiat

Seseorang yang sungguh-sungguh dalam bertaubat tidak akan mengulangi kembali perbuatan maksiat yang pernah dilakukannya. Ia akan selalu membentengi dirinya dengan keimanan dan menjauhkan diri dari hal-hal yang menjurus pada zina.

Itulah beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk menjamin agar dosa zina yang pernah diperbuat seseorang bisa diampuni Allah dan dihapus oleh-Nya. Berjanjilah pada diri anda sendiri untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama di masa depan. Perbanyaklah puasa Sunnah untuk meredam syahwat yang sering muncul ketika berhadapan dengan lawan jenis. Coba untuk menyibukkan diri dengan kesibukan yang positif agar kita terhindar dari godaan syetan yang memasukkan pikiran kotor dalam otak dan bayangan kita. Semoga kita senantiasa selalu dalam naungan Allah SWT dan dijauhkan dari perbuatan yang mendekati zina.

author
No Response

Comments are closed.