Hindari Diabetes, kenali gejalanya dan Cara Mengobatinya

Diabetes atau yang dikenal pula dengan nama kencing manis adalah kelainan yang terjadi dalam tubuh seseorang karena membludaknya kadar glukosa darah. Di dunia kedokteran dikenal dua tipe diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan dan 2. Meskipun kesamaannya sangat dekat, keduanya memiliki perbedaan yang harus anda ketahui baik itu dari gejalanya juga dari cara mencegahnya.

tumblr_inline_o0tuo8fScj1tofhqm_500

Mereka yang menderita diabetes tipe 2 pada umumnya adalah golongan dewasa dengan usia di atas 35 tahun. Tetapi karena perubahan zaman, khususnya gaya hidup maka diabetes tipe 2 sudah banyak diderita pula oleh remaja hingga usia 25 tahun ke atas. Pada umumnya, diabetes tipe 2 muncul karena si penderita tidak pernah berolahraga dan pola makannya buruk.

Jika anda melalui diagnosis oleh dokter, anda belum bisa mengetahui bahwa anda menderita diabetes tipe 2. Anda bisa mengetahui apakah anda menderita diabetes atau tidak dengan cek gula darah. Setelah dicek dan anda dinyatakan positif menderita diabetes maka anda akan diberi obat penurun gula darah, selanjutnya anda harus berusaha keras untuk merubah pola makan dan lebih banyak berolahraga.

Bila anda ingin mendeteksi kemunculan diabetes tipe 2 dalam tubuh anda, silakan gunakan cara-cara berikut :

Mati Rasa

Kebanyakan orang mengeluhkan gejala yang sama ketika kadar gula darahnya naik, gejala ini berupa kenaikan gula darah. Bagian tubuh yang sering mati rasa adalah jari tangan dan jari kaki, selain itu beberapa bagian di tangan juga mengalami hal yang sama. Ini merupakan penanda bahwa gula darah anda sedang naik dan terjadi kerusakan pada beberapa serabut saraf.

Sering buang air kecil

Gejala lainnya yang sering munculnya adalah keinginan untuk buang air kecil yang tidak biasa. Anda akan sering bolak-balik ke kamar mandi saat diabetes anda kumat. Yang lebih mengerikan, air kencing anda akan berbusa dan dikerubuti semut. Kalau sudah begini, pergilah ke dokter secepatnya untuk memperoleh perawatan total.

Berkurangnya berat badan

Bagi sebagian orang berkurangnya berat badan adalah impian, tapi tidak untuk penderita diabetes. Menurunnya berat badan secara ekstrim mengindikasikan bahwa di tubuh terjadi sesuatu yang tidak beres. Secara ilmiah ini disebaban ketidakmampuan tubuh untuk menyerap glukosa dalam darah.

Meningkatnya nafsu makan

Gejala berikutnya yang pasti dirasakan penderita diabetes saat gula darahnya melonjak adalah bertambahnya keinginan untuk makan hingga berkali-kali lipat. Anda tidak bisa mengendalikan nafsu makan ini, kalau anda menurutinya maka resiko kematian harus anda hadapi.

Mata jadi kabur (Buram)

Gejala diabetes yang bisa diamati dengan mudah adalah memburuknya penglihatan di mana pandangan menjadi buram dan kabur. Pada beberapa kasus, penglihatan menjadi buta total karena rusaknya pembuluh darah di mata.

Itulah beberapa gejala diabetes yang sering dirasakan penderita diabetes tipe 2. Bila anda merasakan beberapa diantaranya, anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk pencegahan dan pengobatan. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Comments are closed.