Hindari Dehidrasi, Gunakan Cara Ini

470 views

Jangan Sampai Dehidrasi Yah, ini Alasan Mengapa Dehidrasi Itu Buruk. Mungkin anda tahu kalau sebagian besar tubuh manusia itu terdiri dari unsur air, hampir 75 % tubuh manusia tersusun dari air. Air begitu penting bagi kita, bila suplai air dalam tubuh mencukupi, metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik. Air begitu penting artinya, tanpa air kita tidak bisa hidup dan bila tubuh kekurangan air anda akan mengalami dehidrasi. Berikut adalah akibat dehidrasi yang bisa anda alami :

028527000_1435693711-minum_amazine_co

Mulut berbau

Kalau orang-orang mengeluh mulut anda berbau, bisa jadi ini karena tubuh anda kekurangan cairan. Jadi mekanismenya seperti ini, bila tubuh kekurangan air maka tubuh akan mengurangi produksi air liur yang biasa dipakai untuk membasahi rongga mulut. Nah saat mulut dalam keadaan kering inilah banyak bakteri berkembang biak di dalam mulut hingga menghasilkan bau yang tidak sedap. Karena ini pula saat puasa, mulut mengeluarkan bau tidak sedap.

Ingin terus makan makanan manis

Kadang-kadang otak menafsirkan rasa haus sebagai rasa lapar sehingga saat haus kita sering menginginkan makanan berasa manis. Tubuh akan mengalami dehidrasi parah saat anda olahraga, saat ini tubuh memakai glikogen dengan jumlah sangat banyak dan mendorong anda untuk makan makanan manis. Pada kenyataannya yang anda alami adalah rasa haus yang sangat, bukannya rasa lapar.

Cepat lelah saat berolahraga

Apabila anda melakukan olahraga dengan benar, anda akan mendapat hasil yang optimal di mana otot tubuh anda terbentuk dan tubuh membakar banyak kalori. Saat anda dehidrasi, tubuh anda merasa cepat lelah karena terjadi penurunan tekanan darah sedangkan detak jantung memompa lebih cepat.

Kulit Lebih kering

Yang terjadi saat anda kurang cairan adalah dehidrasi parah sehingga kulit hilang kelembaban dan mengering. Kulit tampak lebih kusam karena semua sel kulit menyusut. Setiap orang tidak sama kebutuhan air putihnya, oleh sebab itu tingkat kekeringan kulit setiap orang juga tidak sama.

Konsentrasi menurun

Ketika tubuh tidak tercukupi akan cairan, maka aliran air ke otak akan terpengaruh. Kalau anda kurang minum, otak akan sulit berkonsentrasi. Memfokuskan pikiran adalah masalah berat saat anda dehidrasi.

Mood berubah-ubah

Seseorang akan cenderung naik turun moodnya dan mudah tersinggung. Ini karena perasaan seseorang jadi lebih sensitif saat dehidrasi. Oleh sebab itu minumlah cukup air agar anda tidak cepat lelah.

Ginjal rusak

Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dan membersihkan kotoran di dalamnya. Tanpa cukup cairan, ginjal akan terganggu fungsinya dan bisa mengalami kerusakan parah. Sahabat, hindari dehidrasi agar anda tidak terserang penyakit-penyakit parah. Selain itu jagalah pikiran agar terhindar dari stress. Semoga bermanfaat.l

author
No Response

Comments are closed.