Hilangkan Kebiasaan Berkhayal. Ini Caranya

4829 views

Tidak ada pekerjaan yang lebih menarik saat kita sedang menyendiri selain berkhayal, bagi sebagian orang berkhayal itu terasa begitu menyenangkan. Mengkhayal itu sama persis seperti narkoba yang membuat orang yang melakukannya ketagihan dan ingin melakukannya terus menerus padahal kebiasaan ini nihil manfaat dan membuang waktu saja.

1778189

Kalau seorang individu sudah kecanduan berkhayal, sehari saja tidak berkhayal rasanya seperti ada yang hilang. Sehari saja tidak berhayal rasanya seperti mentari tidak bersinar. Sehari saja tidak berhayal rasanya seperti koruptor gak ngaku punya dosa. Seperti itulah, seharusnya jika anda menyadari khayalan hanya harapan kosong belaka, mulailah hindari dari hari ini juga.
Ya memang betul mengkhayal itu tidak merugikan orang lain tapi kalau orang lain melakukan hal yang sama persis seperti anda, seluruh bangsa ini akan hancur binasa. Membiarkan diri anda terbenam dalam khayalan-khayalan tak tentu arah bisa membuat masa depan anda tidak jelas dan pada akhirnya banyak kerugian akan anda rasakan sendiri.

Ada juga lho yang bilang kalau mengkhayal itu merugikan orang lain, tapi ini sih tergantung penilaian diri kita sendiri. Lebih jelasnya, ini kata mereka :

1. Orang yang doyan mengkhayal punya dunianya sendiri sehingga tidak mau diganggu orang lain dan akhirnya dirinya menjadi egois.
2. Orang yang suka berkhayal biasanya lebih tertutup, punya kesulitan dalam berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain
3. Anda harus ingat berkhayal itu adalah kebiasaan buruk dan membuang waktu produktif kita. Seorang pengkhayal akan banyak menyendiri dan berkhayal setiap saat kalau ada kesempatan.
4. Seorang pengkhayal seringkali tidak fokus pada pekerjaan yang dilakukannya. Seperti itulah buruknya kebiasaan mengkhayal makanya jangan jadikan kebiasaan harian anda yah.

Kalau sudah terbenam dari kebiasaan ini tentu saja akan berefek pada diri sendiri maupun pada orang lain di sekeliling anda. Anda pasti tidak produktif dan tidak ada orang yang tertarik untuk bekerjasama dengan anda dalam bisnis atau dalam banyak hal lainnya.
Ali bin Abi Thalib RA mengatakan, “Yang saya sangat kuatirkan atas kamu dua macam yaitu, panjang angan-angan dan menurut hawa nafsu karena panjang angan-angan itu dapat melupakan akhirat dan menurutkan hawa nafsu itu menghalangi dari kebenaran (hak).”

Agar anda terhindar dari kebiasaan berkhayal, gunakan tiga tips singkat ini :

1. Lakukanlah kebiasaan-kebiasaan positif yang bisa menyibukkan anda. Hal ini akan membantu anda menghindari waktu kosong yang biasa anda isi dengan berkhayal.
2. Anda harus punya kesadaran kuat bahwa tidak ada satu pun hal menguntungkan yang akan anda petik dari aktivitas mengkhayal
3. Yang terakhir ini adalah yang paling utama. Anda harus banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT agar ia menjauhkan anda dari perbuatan yang tidak ada manfaatnya ini.

Wallahu’ Alam

author
No Response

Comments are closed.