Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari

1124 views

Seorang guru adalah sosok yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk membimbing dan membina anak didiknya. Orang dulu menyebut guru dengan istilah pahlawan tanpa tanda jasa. Guru memiliki posisi istimewa di masyarakat sehingga begitu dihormati, kegigihan dan perjuangannya membawa bangsa pada kemajuan seakan-akan ia adalah cahaya di tengah gelap gulita yang membutakan pandangan mata. Tanpa bimbingan guru seorang anak didik tak akan bisa melakukan apa-apa sehingga sosok guru sangat diperlukan oleh mereka.

26113-tap-nas_03

Konstribusi guru dalam merubah masa depan anak didik sangatlah besar. Di dunia pendidikan icon guru sangat diutamakan. Maka dari itu guru haruslah seseorang dengan tingkat intelektual yang tinggi. Sosok guru tidak hanya harus cerdas secara intelektual, ia juga harus cerdas secara emosional. Guru harus memiliki kesehatan emosional dan spiritual. Tanpa adanya semua ini seorang guru tidak akan sukses dalam mendidik siswa-siswinya.

Di kelas, tugas guru adalah mentransformaskan ilmu pengetahuan kepada siswa dengan teknik mengajar yang sudah dipelajarinya di bangku kuliah. Hanya seorang guru saja yang betul-betul bersentuhan langsung dengan peserta didik dan tidak seperti para teoris dan tokoh pendidikan yang hanya menghipotesiskan sebuah kecendrungan tanpa terjun langsung ke dunia yang sebenarnya. Selain daripada itu, seorang guru harus betul-betul ahli dan berkemampuan khusus.

Aneh rasanya kalau seorang guru tidak punya pengalaman mengajar atau tidak kenal dengan murid-muridnya sendiri. Kalau situasinya seperti ini, bisa dipastikan bahwa guru itu tidak serius dalam mengajar hingga siswa-siswinya tidak merasa memiliki sosok panutan yang dicintainya di sekolah.

Lantas apa saja yang harus dikerjakan seorang guru?

Seorang guru memiliki tanggung jawab untuk merubah anak didiknya menjadi lebih baik. Maksud dari baik di sini bukan hanya secara keilmuan saja, tapi dalam banyak hal. Ia bertanggung jawab agar anak didiknya memiliki tingkah laku yang baik, disiplin, taat beribadah, menghormati orang yang lebih tua, dan sebagainya. Konsep moral adalah yang pertama harus ditanamkan saat mendidik siswa di sekolah.

Guru harus jadi panutan anak didiknya. Dalam hal ini semua tingkah laku guru harus menjadi contoh untuk diikuti oleh siswa-siswinya. Lebih dari itu, guru harus bisa menanamkan nilai-nilai keislaman pada pribadi murid-muridnya. Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa ketika guru kencing berdiri maka siswa akan kencing sambil berlari. Ini menunjukkan bahwa tingkah laku seorang guru akan diperhatikan dengan cermat oleh semua siswanya sehingga sedikit saja kekeliruan ia lakukan maka itu akan berpengaruh besar pada kepribadian anak didiknya.

Meskipun demikian guru adalah manusia yang tidak luput dari kesalahan. Tetapi hendaknya ia pandai berintrospeksi diri dan mengevaluasi kekeliruan-kekeliruannya agar tidak diartikan sesuatu yang benar oleh anak didik. Semoga sedikit bahasan pendek ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

author
No Response

Comments are closed.