Gunakan Cara Ini Agar Anak Bisa Cepat Belajar Menulis

Di usia 3 tahun kemampuan psikomotorik anak sudah berkembang pesat dan bisa memegang pensil dengan sempurna. Pada usia ini anak-anak pasti sudah gemar corat-coret di dinding atau di benda apapun yang ditemuinya. Anda tinggal beri selembar kertas lalu anda komando untuk membentuk pola-pola huruf abjad mulai dari huruf A sampai huruf Z. Anak bisa belajar huruf abjad sebagian demi sebagian dan tidak usah dipaksakan sekaligus.

Salah satu karakter anak adalah rasa ingin tahunya yang besar sehingga bila anda sedang menulis pasti mereka akan mengamati dan meniru tulisan yang anda buat. Trik ini bisa dijadikan teknik yang pas untuk mengajak anak belajar menulis. Agar si buah hati semakin terasah kemampuan menulisnya anda bisa mengaplikasikan 6 tips berikut :

hqdefault

Latih kemampuan anak dalam memegang pensil

Kemampuan yang harus dikuasai anak saat pertama kali belajar menulis adalah memegang pensil. Ini adalah alat tulis pertamanya. Di tahap awal mintalah agar anak memegang pensil dengan tepat dan dirasa nyaman. Kemudian sediakan selembar kertas lalu suruh ia membuat pola apa saja yang dikenalnya. Biarkan dia menulis atau menggambar objek apapun yang menurutnya menarik hingga ia terbiasa memegang alat tulis dengan benar.

Ajak anak berbincang dengan orang tua

Aktivitas ini sangat baik dan bisa dijadikan stimulant untuk mengembangkan potensi anak. Ajarkan anak beberapa kosakata baru setiap hari lalu ajarkan cara menulisnya jangan lupa sertai dengan penjelasan secukupnya. Teknik ini akan membantu anak belajar menulis dengan cepat.

Anak akan memahami konsep bahasa

Agar kemampuan menulis anak berkembang, anak harus memahami setiap kata dan perwujudan fisiknya. Jangan biarkan anak menulis sesuatu tanpa anda beritahu seperti apa wujudnya. Dengan metode ini pemahaman anak terhadap konsep bahasa akan berkembang. Yang harus diperhatikan, setiap menulis kosakata baru usahakan huruf awalnya dimulai dengan huruf kavital besar.

Mulailah dari hal yang disukai anak

Anak-anak pasti senang nonton film kartun, main-main bersama temannya dan lain-lain. Dari hal-hal kecil yang disukainya itu, anda bisa menjadikannya titik awal belajar menulis. Misalnya saja anak sangat menyukai mobil-mobilan, dari sini mulailah ajarkan anak cara menulis nama mobil yang disukainya.

Belajar menulis bisa di mana saja

Semua benda yang anda temui bisa dijadikan objek untuk belajar menulis. Misalnya saja saat anda sedang liburan di pantai banyak sekali benda yang ada di sana mulai dari perahu, ombak, burung-burung hingga binatang kecil di pantai. Identikkan salah satu objek di sana dengan huruf abjad lalu ajarkan cara menulisnya pada anak.

Anak tidak boleh dipaksa

Usia prasekolah berarti anak masih di bawah usia sekolah. Anak masih ingin bermain dan bersenang-senang. Ini normal dan hendaknya anda tidak memaksanya. Jangan biarkan anak trauma karena paksaan. Biarkan dia belajar sendiri sekehendaknya.

author
No Response

Comments are closed.