Gangguan Kesehatan Yang Sering Dirasakan Saat Travelling dan Cara Mengatasinya

Travelling betul-betul membutuhkan persiapan matang baik dari segi fisik, mental maupun dana. Selebihnya anda memerlukan pengetahuan yang banyak seputar tempat wisata yang anda tuju. Kumpulkanlah informasi terkait tempat tujuan karena kita tidak pernah tahu apa yang akan menimpa kita begitu kita tiba di sana nanti. Bisa jadi di tempat tujuan kondisi anda kurang begitu fit atau kondisi geografis bersuhu ekstrim. Hal ini bisa berimplikasi negatif pada kesehatan anda dalam perjalanan.

Anda harus peka dengan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi, misalnya gangguan kesehatan yang sering menyerang traveler di tempat tujuan. Berikut adalah keluhan kesehatan yang banyak dialami oleh traveller, antara lain :

Aktivitas yang berat membuat otot anda kram

mytipstips

Akibat aktivitas yang terlalu berat membuat otot anda lelah dan akhirnya terjadilah kram otot yang begitu menyakitkan. Kram otot biasa terjadi ketika suhu udara sedang panas dan muncul minal satu jam setelah anda selesai melakukan aktivitas berat. Bagian tubuh yang sering mengalami kram otot adalah perut, paha dan betis. Semua otot di area ini relatif berat tugas-tugasnya. Bagi seorang traveler, nyeri otot yang sering dialami adalah dibagian kaki.

Sekalipun rasa sakit yang diakibatkan oleh kram otot cukup menganggu, pengobatannya tidak semahal yang anda perkirakan. Anda hanya tinggal beristirahat dan meregangkan otot seperlunya saja. Dengan metode sederhana seperti ini saja kram otot anda segera sembuh. Akan lebih efektif bila anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi.

Kaki Bengkak

byebyedoctor

Aduh kaki bengkak ternyata bisa dialami oleh semua wanita dan tidak terbatas hanya pada wanita hamil saja. Khusus untuk traveller seperti anda juga bisa mengalami kaki bengkak, apalagi kaki wanita traveller biasanya sangat sensitif. Bila anda berjalan kaki dalam waktu lama dan terpapar sinar matahari yang menyengat, kaki bengkak bisa saja anda alami.

Atasi kaki bengkak ini dengan cara sederhana yaitu mengangka kaki dan mengistirahatkannya. Kalau anda hobi hiking maka kenakanlah celana agak longgar di pergelangan kaki. Selain itu, anda bisa juga merendam kaki ke air hangat yang sudah diberi sedikit garam. Rendam kaki hingga 10 menit, sesudah itu kaki anda akan terasa rileks.

Biang keringat

medicastore

Seorang traveller pasti sering berjalan kaki hingga bermil-mil jauhnya dalam sehari. Seringkali hanya menggunakan beberapa baju saja dalam seminggu. Kebiasaan inilah yang memicu munculnya biang keringat dan tanpa disadari akumulasi dari biang keringat akan memuncak dengan kemunculan bintik-bintik merah pada kulit dan kalau anda garut akan menyebabkan lecet. Bintik merah ini muncul karena keringat yang tidak bisa diserap oleh baju karena materialnya tidak pas.

Seorang pecinta alam pasti sering mengalami hal ini karena aktivitasnya terhitung berat. So pakailah pakaian yang lebih longgar dan memungkinkan kulit mendapat sirkulasi udara yang baik.

Hipotermia

wisatagunung

Semua orang tahu kalau hipotermia itu adalah kondisi di mana seseorang terkena hawa dingin hingga suhu tubuhnya di bawah 5 derajat celcius. Ini bisa terjadi ketika seseorang tidak mengetahui lingkungan ekstrim yang akan dimasukinya hingga ia kedinginan dan tubuhnya mengigil.

Kalau suhu tubuh orang tersebut berangsur turun tanpa henti maka orang itu kemungkinanya akan mengalami koma hingga meninggal. Jika anda berencana mengunjungi Negara-negara beriklim dingin, maka bawalah perlengkapan untuk menghangatkan diri di sana.

Sahabatku itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa anda alami ketika anda bepergian seorang diri untuk bertualang. Saya harap anda memperhatikan hal ini agar ketika sampai di tempat tujuan kondisi anda tetap sehat. Oke, persiapkan dulu segalanya yah sebelum anda memulai travelingnya.

author
No Response

Comments are closed.