Cari Tahu Kenapa Kamu Susah Tidur. Mungkin Ini Penyebabnya…

1028303-susah-tidur-780x390

Orang sibuk karena beraktivitas dari pagi sampai sore. Rasa letih dan lelah yang dirasakan adalah hal yang wajar tapi efek dari rasa lelah ini kadang begitu menyiksa hingga kita susah tidur. Yang lebih parah keesokan harinya kita harus beraktivitas kembali seperti biasa hingga kita jatuh sakit karena tidak sempat beristirahat. Serem banget kan?

Segolongan orang malah mengalami keanehan, mereka bisa tidur selama 8 jam sehari tapi malah merasa capek saat terbangun. Ini tidak biasa karena normalnya orang yang tidak bisa tidur saja yang tubuhnya lemah dan cepat lelah. Rupanya kualitas tidur menentukan seseorang akan merasa capek atau tidak selepas ia tertidur semalaman. Kok bisa yah? Hmmm… mari kita lihat beberapa hal yang menyebabkan seseorang kelelahan meskipun sudah tidur semalaman.

1. Jarang olahraga

Kalau kamu seorang pekerja kantoran boleh jadi kamu hanya duduk seharian di depan komputer. Hal ini bisa berefek buruk pada kesehatan. Karena jarang olahraga kamu bisa mudah lelah. Kalau kamu berpikir Cuma olahraga yang bikin kamu capek, kamu salah besar. Justru dengan olahraga kamu bisa menempa tubuh kamu agar tidak mudah lelah. Selebihnya kamu bisa tidur dengan lebih berkualitas.

2. Kekurangan cairan

Pernah mengalami dehidrasi alias kurang cairan tubuh? Pasti kamu tidak bisa istirahat, nafsu makan kurang dan badan kurus. Kamu harus memastikan agar cairan tubuhmu terjaga konsentrasinya. 85% bagian dari otak terdiri atas air. Kalau kebutuhan tubuh akan air terpenuhi dengan baik, otak bisa bekerja dengan lebih maksimal.

3. Kebiasaan makan buruh

Cek sekali lagi bilamana kebiasaan makan anda baik atau buruk? Pastikan apakah menu makanan yang anda konsumsi sudah seimbang atau belum? Bisa saja anda hanya makan sampai tubuh anda kelebihan karbohidrat atau lemak. Ini tidak baik untuk tubuh, makanlah dengan pola yang baik. Cukupi kebutuhan tubuh akan serat dan jangan makan gula secara berlebihan.

4. Depresi

Seringkali kita tidak merasakan kalau kita sedang stress dan menghadapi banyak tekanan. Kita baru menyadari turunnya kondisi badan saat kita sudah jatuh sakit. Kalau saat ini anda sedang mudah tersulut emosi siapa tahu anda sedang terkena stress berat. Maka dari itu hindarilah stress agar anda tidur anda lebih berkualitas.

5. Gula Darah Naik

Kadang-kadang energi tubuh bisa turun secara tiba-tiba, setelah diselidiki ternyata gula darah dalam tubuh sedang naik. Kadar gula darah bisa melonjak drastis karena mengkonsumsi makanan instan atau olahan.

Itulah faktor-faktor yang berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Bila anda punya masalah kesehatan akan lebih baik bila segera memeriksakannya ke dokter. Jangan biarkan tubuh anda didera penyakit serius.

author
No Response

Comments are closed.