Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Tubuh Dengan Makanan

Bila anda ingin meningkatkan metabolisme tubuh anda, itu berarti akan terjadi lebih banyak pembakaran kalori di tubuh anda. Kalau metabolisme tubuh anda berjalan dengan baik maka anda akan lebih mudah mengontrol berat badan, anda jadi lebih fit dan berenergi. Secara harfiah kata metabolism berasal dari bahasa Yunani yang bermakna transformasi atau perubahan. Ini berkaitan dengan berbagai aktivitas dalam tubuh yang memproses makanan menjadi energi atau produk alami lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kalau fungsi metabolisme di dalam tubuh terganggu, anda tidak akan bisa melakukan banyak aktivitas dan banyak dari bagian tubuh anda yang akan terganggu fungsinya. Metabolisme sangat penting karena berperan dalam memperbaiki, menyebuhkan dan detoksifikasi zat racun dari dalam tubuh. Metabolisme tubuh memungkinkan pencernaan untuk bekerja lebih baik dalam penyerapan nutrisi, aktivitas fisik dan hidrasi.

metabolisme-tubuh

Tingkatkan metabolisme tubuh agar anda selalu fit dan berat badan lebih terkontrol. Ikuti caranya yang kami bagi dalam 11 tips singkat, yaitu :

Makan secukupnya

Kalau anda ingin menurunkan berat badan maka otomatis anda harus mengurangi porsi makan anda sehari-hari. Asupan makan yang berlebihan justru membahayakan metabolisme tubuh tapi terlalu minim juga jangan karena tubuh tetap akan melakukan pembakaran kalori. Ketika tubuh terlalu minim kalori maka ia akan melakukan pembakaran jaringan otot untuk dikonversi menjadi energi. Dalam hal ini aturan diet anda tidak boleh terlampau ketat dan makan harus secukupnya saja.

Sarapan itu penting

Karena aktivitas harian anda sangat banyak, anda harus selalu fit setiap hari dan sarapan adalah cara memulai hari yang paling baik. Menurut penelitian, orang yang suka melewatkan sarapan kecendrungan untuk naik berat badannya jauh lebih tinggi dari mereka yang sarapan. Sarapan tidak harus yang mahal-mahal, yang penting tetap sehat, tinggi serat dan rendah lemak. Untuk sarapan anda bisa mengkonsumsi low fat milk (susu rendah lemak), oatmeal dan yoghurt.

Konsumsi kafein

Bila sebelumnya kata kafein banyak berhubungan dengan hal-hal negatif dan merugikan, kali ini justru kami merekomendasikannya untuk konsumsi harian. Alasannya karena kafein berkemampuan dalam merangsang sistem saraf hingga metabolismenya meningkat 6 persen. Sebuah penelitian bahkan mengindikasikan bahwa mengkonsumsi teh hijau dengan takaran satu cangkir sehari akan membuat metabolisme tubuh meningkat 12%.

Konsumsilah makanan kaya serat

Kandungan serat pada makanan yang anda konsumsi mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak hingga 30%. Beberapa studi juga menemukan bahwa orang yang rajin mengkonsumsi serat jauh lebih sedikit kemungkinannya untuk mengalami kegemukan. Konsumsilah buah-buahan, biji-bijian dan sayuran.

Asupan zat besi

Tubuh memerlukan pasokan energi yang cukup yang disalurkan oleh darah. Darah itu sendiri diproduksi dengan bantuan zat besi. Dapatkan kandungan zat besi pada bayam, kacang-kacangan dan dari daging bebas lemak.

author
No Response

Comments are closed.