Cara Mudah Mengajarkan Anak Membaca Dengan Menyenangkan

Ketika anak sudah masuk usia sekolah seharusnya anak sudah punya kecakapan membaca yang memadai karena di sekolah ia akan berkutat dengan buku-buku, mengerjakan PR, berhitung dan lain-lain. Kini sudah banyak sekolah PAUD yang mendidik anak usia pra sekolah dan tentu ini merupakan solusi praktis bagi orang tua yang sibuk. Meskipun demikian anda lah yang bertanggung jawab memberikan pendidikan awal yang baik untuk anak yang dalam hal ini adalah memotivasi keinginannya untuk belajar membaca.

Kemampuan membaca adalah dasar untuk mempelajari ilmu pengetahuan. Bila kemampuan membaca anak sudah memadai, kemampuan belajar anak pasti berkembang pesat dan ia akan mengikuti materi yang diberikan guru dengan baik. Banyak sekali teknik belajar membaca yang bisa diberikan pada anak, kali ini kita akan mempelajarinya sebagian. Cekidott yah :

Belajar ABC

Belajar membaca sambil menyanyi

Anak pasti suka dengan aktivitas yang menurutnya menyenangkan. Belajar membaca pun akan terasa menyenangkan bila disertai dengan nyanyian. Tekniknya, anda membaca huruf abzad dari A sampai Z dengan dinyanyikan. Metode ini pasti efektif dan anak akan lebih cepat menghafalnya.

Memanfaatkan media elektronik

Sekarang sudah tersedia banyak media pembelajaran dalam bentuk elektronik misalnya CD tutorial, video dan sebagainya. Dengan media canggih ini, belajar membaca semakin terasa menyenangkan dan praktis. Kini bahkan materi belajar membaca bisa didownload gratis dari gadget android anda. Buktikan kemudahannya agar belajar membaca tidak terasa monoton.

Membaca sambil bercerita

Anak-anak akan cepat merasa bosan apabila ia hanya diharuskan belajar saja tanpa ada sesuatu yang bersifat menghibur. Untuk ini anda bisa mengajari anak membaca sambil bercerita. Misalkan saja huruf A anda identikkan dengan Angsa dan anda mengarang sebuah kisah lucu tentang seekor angsa. Dengan cara ini belajar membaca pun tambah menyenangkan.

Biasakan belajar membaca setiap hari

Agar tidak cepat lupa, sebaikna anak diajak belajar membaca setiap hari tapi waktunya jangan terlalu lama. Setengah jam per hari sudah cukup. Jangan lupa untuk memberi materi yang disertai gambar agar waktu belajar anak semakin berkualitas.

Tidak boleh memaksakan kehendak

Jangan sekali-kali memaksakan kehendak saat mengajari anak membaca karena keinginan anak-anak selalu dipengaruhi oleh moodnya. Ikutilah keinginan anak hingga ia tidak merasa terpaksa untuk belajar membaca.

Berikan pujian

Anak-anak akan termotivasi untuk belajar lebih serius berbagai huruf dan kosakata baru yang ditemuinya dalam kesehariannya. Berilah ia pujian yang membangkitkan keingintahuannya tentang manfaat belajar membaca. Kalau anak melakukan kesalahan anda harus memakluminya, bersabarlah dan koreksi kesalahannya dengan penuh ketelatenan.

Demikian sedikit cara praktis yang bisa membantu anda mengarahkan si kecil untuk belajar membaca. Utamakan kesabaran dan kelembutan agar anak semakin bersemangat belajar membaca.

author
No Response

Comments are closed.