Cara Mengetahui Orang Berbohong atau Tidak

No comment 5727 views
Cara mengetahui orang berbohong atau tidak

Cara mengetahui orang berbohong atau tidak

Cara mengetahui orang berbohong ketika seseorang sedang berbicara dengan kita mungkin akan sulit kita ketahui. Untuk bisa mengetahui orang berbohong atau tidak kita membutuhkan kemampuan khusus yang tidak semua orang dapat memiliki. Namun jika anda hanya orang biasa saja yang ingin memiliki kemampuan untuk mengetahui seseorang berbohong atau tidak anda bisa lihat dengan berbagai ciri-ciri.

Cara mengetahui orang berbohong atau tidak.

Salah satu teknik yang didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan dimana otak akan memberikan stimulasi saat seseorang akan menutup-nutupi sesyatu hal yang tidak ingin orang lain ketahui.

Teknik yang ditemukan dan terus diteliti oleh seorang profesor psikologi bernama Paul Ekman menggunakan metode mimik wajah serta gerakan tubuh untuk mendeteksi apalah seseorang berbohong atau tidak.

Teknik ini juga bisa digunakan untuk mengetahui perasaan lawan bicara kita, apakah sedang marah, gembira, sedih, terkejut, atau ketakutan. Teknik ini juga telah banyak membantu pihak kepolisian di Amerika untuk mengungkap suatu kasus.

Ciri-ciri orang berbohong:

  1. Pupil mata membesar dan gerakan mata, orang yang berbohong cenderung untuk menghindari kontak mata langsung dan suka melirik ke arah kanan dari sisi lawan bicara.
  2. Menelan ludah, perasan yang tidak nyaman membuat seseorang sering menelan ludah.
  3. Memainkan jari, hal ini lebih banyak di lakukan oleh perempuan yang sedang berbohong.
  4. Menyentuh bibir, menyentuh bibir dengan tangan seakan-akan akan menutup mulut bisa memberi tanda seseorang sedang berbohong.
  5. Gerakan tubuh terlihat lebih kaku dan terbatas, seseorang yang berbohong akan cenderung lebih tertutup dan pasif terhadap lawan bicaranya.
  6. Mimik wajah yang tidak sinkron dengan pembicaraan, seseorang yang sedih pasti menunjukkan wajah yang murung tidak mungkin dengan wajah ceria.
  7. Menaruh benda-benda di depannya, saat seseorang berbicara dan berhadap-hadapan dengan meja, ia akan berusaha menaruh sesuatu di depannya.
  8. Lebih banyak bicara, seseoarng yang berbohong akan cenderung lebih banyak bicara dan merasa tidak nyaman dengan keheningan atau jeda percakapan.

Itulah ciri-ciri orang yang berbohong yang dapat anda jadikan cara mengetahui orang berbohong. Sekarang untuk membuktikan ajaklah temanmu menceritakan sesuatu lalu nilailah apakah dia berbohong atau tidak.

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengetahui Orang Berbohong atau Tidak"

1 × 2 =