Cara Mengatur Menu Diet Sehat Dalam Waktu Seminggu

952 views

Menu diet sehat sebenarnya mudah saja sebab dibuat sendiri. Tidak perlu melakukan berbagai cara aneh diet yang justru membahayakan nyawa. Seperti yang kita ketahui bahwa memiliki berat tubuh dan bentuk badan yang ideal adalah impian sebagian besar orang. Baik wanita maupun pria. Selain karena alasan fisik semata agar terlihat cantik ataupun keren, faktor kesehatan pun menjadi pertimbangan orang-orang untuk melakukan diet. Jika diet dianggap tidak aman dan tabu, hal tersebut disebabkan oleh cara diet yang salah. Alhasil bukan penurunan berat badan tapi masalah kesehatan yang baru bermunculan.

mengatur menu diet sehat selama seminggu

Seiring majunya teknologi dan perkembangan zaman, ada berbagai produk yang dipromosikan oleh berbagai pihak yang mengklaim bahwa produk tersebut bisa menurunkan berat badan secara cepat. Padahal cara-cara instan dalam diet seharusnya dihindari. Sebaiknya gunakan menu diet sehat untuk menunjang proses diet Anda. Dengan mengatur menu makan, Anda akan lebih mudah melakukan diet tanpa khawatir efek samping apapun. Hal tersebut lebih mudah dilakukan karena Anda bisa mengatur pola makan dan menu makanan yang Anda konsumsi sendiri, namun dengan catatan beberapa hal. Ada hal-hal yang boleh Anda lakukan, ada juga yang menjadi pantangan.

Diet tidak serta merta membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa menentukan target dalam diet. Misal satu bulan harus turun 10 kg atau yang lainnya. Mungkinkan diet satu minggu? Yap, jawabannya sangat mungkin. Anda bisa melakukannya dengan mengatur menu diet sehat. Pola makan yang baik akan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Berikut ini tips melakukan diet dengan menu diet seminggu. Sebelum melakukan diet, pastikan Anda memiliki niat yang kuat untuk melakukan semua konsekuensi, apalagi merubah kebiasaan makan Anda. Berikut adalah cara diet sehat selama seminggu

  1. Senin

Senin adalah hari yang harus penuh semangat karena sederet aktivitas dan rutinitas dimulai hari ini. Menu diet sehat hari pertama yang pasti adalah adanya buah-buahan. Anda harus menyertakan buah-buahan setiap waktu makan (pagi, siang, sore). Namun pantangannya, hindari mengonsumsi buah seperti pisang dan pepaya yang mengenyangkan. Perbanyak buah yang banyak mengandung air seperti apel dan jeruk. Saat sarapan pagi, makanlah seperti biasa dengan nasi, sayur dan lauk kemudian ditambah buah. Karena pagi adalah waktu dimana Anda harus makan untuk memiliki energy dalam beraktivitas. Saat siang hari, Anda bisa mengonsumsi makanan dari gandum seperti roti tawar yang ditaburi keju. Selanjutnya menu sore hari adalah sayur cincang dengan lauk ayam.

  1. Selasa

Kemudian menu diet sehat untuk hari kedua, sarapan pagilah dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, roti yang diberi selai kacang, yogurt atau sayuran tanpa nasi. Menu untuk makan siang berupa dada ayam yang dilengkapi dengan mentimun, tomat, kenari, paprika dan minyak zaitun. Sedangkan untuk makan sore Anda boleh memakan daging sapi dengan kentang merah yang dikukus, kemudian campur juga dengan potongan buncis kukus serta salad. Selain itu jangan lupa tetap mengonsumsi buah sebelum makan.

  1. Rabu

Masih dengan pembahasan mengenai menu diet sehat. Untuk hari ketiga perbanyaklah minum air putih karena air putih akan membantu memperlancar aliran darah dan membuang racun dalam tubuh. Anda bisa memilih menu berupa 1 cangkir susu rendah lemak atau ½ cangkir sereal plus pisang kecil. Cukup dengan menu sederhana. Selanjutnya ketika siang hari, konsumsi sayuran segar yang tidak digoreng. Sedangkan untuk minum, Anda bisa membuat jus dari buah-buahan segar. Jika Anda berkenan dengan gandum boleh saja. Buat roti dengan ditambahkan salad sayur. Pada sore pilihlah salmon dengan kemangi, asparagus kukus dengan salad, atau ikan laut lainnya yang ditambahkan sayuran seperti salad atau bayam.

  1. Kamis

Masih semangat bukan menjalani diet di hari keempat ini? Yap, Anda harus tetap semangat, dan jangan sampai pendirian Anda untuk mendapatkan badan proporsional runtuh. Berlanjut ke menu diet sehat hari keempat ini adalah segala makanan yang berbahan susu dan pisang. Misalnya Anda bisa membuat pisang yang ditaburi susu diatasnya atau hanya pisang kukus saja. Boleh juga segelas susu dengan pisang tanpa olahan. Apapun olahan Anda terhadap pisang, jangan membuat sesuatu yang digoreng karena kandungan minyak akan memperlambat proses diet. Untuk makan siang tetap konsumsi buah-buahan atau kacang almond. Sedangkan sore hari sebaiknya konsumsi saja sayuran serta lauk seperti tahu atau tempe (tanpa digoreng).

  1. Jumat

“Oke, masih tentang menu diet sehat untuk hari kelima. Setelah sebelumnya Anda hanya boleh mengonsumsi makanan berbahan dasar pisang, kini Anda bisa sarapan dengan susu dan gandum yang diberi selai kacang. Kenapa selai kacang? Karena kacang, terutama kacang almond rendah kalori sehingga baik untuk diet. Kemudian untuk makan siang, jika Anda rindu dengan sesuatu yang digoreng-goreng. Kali ini Anda boleh menyantap sepiring nasi goreng. Selanjutnya perbanyak air putih. Pada menu makan sore Anda bisa mengolah sayuran seperti tumisan yang dicampurkan sedikit daging agar menambah kadar protein dalam tubuh. Diet boleh saja, tapi harus ingat asupan makanan tetap seimbang.

  1. Sabtu

Wah, sudah sampai pada hari keenam ternyata. Perjuangan selama seminggu akan segera sampai pada ujungnya. Menu diet sehat pada hari keenam ini ketika sarapan pagi adalah roti bakar yang dilengkapi dengan selai strawberry, nanas, atau coklat kemudian disusul dengan segelas air jeruk hangat. Untuk menu makan siang, Anda bisa memakan olahan ikan laut seperti tuna yang ditambahkan salad. Kemudian pada sore hari, Anda bisa membuat pizza sendiri yang rendah lemak. Jika Anda merindukan nasi, boleh saja. Namun sebaiknya gunakan beras merah yang lebih rendah kalori sehingga lebih sehat. Lengkapi dengan sayuran hijau.

  1. Minggu

Akhirnya, sampai juga pada tahap ini. Ya, hari terakhir diet dalam seminggu. Menu diet sehat pada pagi hari, pilihlah pancake gandum yang mana bagian atasnya diberi topping sayur atau kacang dan segelas susu rendah lemak. Kemudian pada siang hari, masaklah sayur bayam atau tumis kangkung. Sebelum makan, konsumsi buah-buahan terlebih dahulu dengan membuatnya menjadi salad buah. Jangan lupa perbanyak air putih. Kemudian pada sore hari konsumsi kembali sayuran sesuai selera Anda dan segelas susu rendah lemak. Hindari memakan camilan berat seperti keripik. Jika ingin ngemil, gunakan buah sebagai camilan.

Menu sehat untuk diet yang telah dipaparkan di atas adalah aturan dalam jangka waktu satu minggu. Minggu-minggu berikutnya Anda bisa menggunakan resep diet yang sama. Namun beberapa catatan yang harus Anda perhatikan adalah tetap perbanyak konsumsi air putih dan lakukan olah raga minimal pada pagi atau sore (minimal seminggu 3 kali) agar tubuh Anda sehat. Hindari makan pada malam hari. Oleh sebab itulah, dalam tulisan diatas, waktu makan hanyalah pagi, siang dan sore, bukan malam. Makan malam akan membuat penumpukan lemak bertambah. Sebaiknya makanlah sebelum pukul 18.00. Demikian pembahasan mengenai menu diet sehat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan tubuh ideal. Selamat mencoba. (Baca juga : Cara Diet Sehat Dengan Melakukan Olah Raga Ringan)

author
No Response

Comments are closed.