Cara Mengatasi Kenakalan Anak-Anak di Rumah

570 views

Punya anak nakal pasti bukan keinginan pasangan manapun di dunia ini. Tapi ada kalanya anak-anak kita kelewatan sekali tingkah lakunya. Perubahan sikap anak yang berlebihan bisa begitu menyusahkan hingga membuat orang tua tertekan oleh sebab itu perlu ditetapkan seperangkat aturan di rumah untuk mengendalikan perilaku anak. Ikuti langkah-langkah berikut :

11dokteribuLangkah kesatu

Sebagai langkah pertama, anda diharuskan membuat seperangkat aturan untuk mengontrol tingkah laku anak agar tidak keterlaluan. Pada tahap ini anak akan memerlukan penyesuaian dan akan terasa sulit baginya untuk menerima peraturan ini tapi tetap tekankan bahwa aturan ini harus dipatuhinya. Ketegasan adalah kunci utama untuk mendidik anak tapi hendaknya harus dilakukan sebijaksana mungkin. Dalam hal ini hukuman yang diberikan pada anak bukanlah hukuman fisik melainkan bentuk lain seperti pemotongan uang jajan, pengurangan waktu bermain dan dicabutnya beberapa keistimewaan yang sebelumnya mereka rasakan. Tekankan pada anak bahwa pelanggaran yang dilakukan akan berarti kerugian yang akan dia rasakan sendiri.

Langkah kedua

Langkah yang kedua diberikan dengan menekankan kedisiplinan. Dalam hal ini anak harus dibiasakan untuk lebih bertanggung jawab sesuai usia mereka. Misalnya saja jika anak pulang sekolah dan perlengkapan nya biasa diletakkan sembarangan maka kali ini harus mulai dirubah. Kalau anak tetap melakukan kebiasaan lamanya akan sangat baik bila anda menyembunyikan barang-barangnya terlebih dulu hingga anak menyadari kesalahannya dan berusaha memperbaiki diri.

Langkah ketiga

Orang tua tidak hanya harus membuat aturan saja tapi harus mengetahui permasalahan anaknya. Untuk ini anda harus menjadi pendengar yang baik. Kalau ada waktu ajak anak untuk berbicara dua mata saja dan dengarkan apa saja keluhan-keluhannya, dengarkan dengan seksama dan beri dia perhatian. Ingat, anak yang kurang diperhatikan oran tuanya maka kenakalannya akan menjadi-jadi. Karena merasa dirinya diperhatikan, anak akan lebih fleksibel dan tidak kaku lagi dan akan merasa bahwa masih ada orang yang memperhatikannya. Jangan melulu memberi nasihat, sesekali jadilah pendengar yang baik. Hubungan anda dan anak harus harmonis agar anda bisa share satu sama lain. Dengan cara ini kenakalan anak pun akan mereda sedikit demi sedikit.

Langkah keempat

Saat anda sedang membiasakan aturan ini agar dituruti oleh anak, jangan sekalipun anda berlaku kasar kepada anak-anak tapi jangan pula terlalu lembek. Berusahalah untuk sedikit lembut tapi tetap tegas saat anak membuat kesalahan. Dengan seperti ini anak akan tahu bahwa kesalahan tidak boleh dilakukan berulang-ulang apalagi jika di tempat yang sama. So anak akan belajar mengontrol diri dan perilakunya hingga jiwanya semakin kuat dan stabil.

Dengan menetapkan aturan kedisiplinan di rumah akan membentengi anak anda dari perilaku tidak bermanfaat dan sifat nakal. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Comments are closed.