Cara Mengatasi Android Yang Lemot

741 views

Smartphone android merupakan smartphone yang kaya akan berbagai macam fitur dan keunggulan. Saat ini pengguna smartphone berbasis android sudah mencapai jutaan pengguna yang sudah tersebar di berbagai belahan dunia. Yang menyebabkan smartphone ini bisa diterima di pasaran dengan baik lantaran operasi sistem Android merupakan operasi sistem open source, sehingga memudahkan kita untuk mengaturnya.

jangan lemot donk androidHal lain yang menyebabkan smartphone android banyak diminati oleh berbagai kalangan lantaran smartphone android memiliki beragam aplikasi yang unik dan bisa didownload secara gratis. Semakin seringnya seseorang menggunakan smartphone android, tentu hal ini akan menyebabkan smartphone android mengalami berbagai macam kendala seperti menurunnya kinerja smartphone secara tiba – tiba, dan juga terkadang smartphone sangat lelet atau lemot.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan tips jitu untuk mengatasi smartphone Android yang lemot. Mau tau caranya bagaimana? Yuk simak selengkapnya!

Menghapus aplikasi yang tidak penting

mencopot aplikasi android yang tidak perluKesalahan umum yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone android adalah terlalu banyak aplikasi yang mereka install pada smartphone. Menginstall terlalu banyak aplikasi tentu akan mempengarui kinerja smartphone.

Setiap smartphone android memiliki kapasitas RAM yang berbeda – beda. RAM merupakan tempat untuk menjalankan aplikasi. Ibaratkan RAM tersebut adalah sebuah ‘jalan’, maka aplikasi adalah ‘mobil’, sehingga semakin banyak mobil maka jalan tersebut akan macet, sama seperti RAM pada android, semakin banyak aplikasi maka akan menurunkan kinerja smartphone itu sendiri.

Jadi, mulai saat ini hapuslah aplikasi yang tidak penting atau aplikasi yang jarang Anda gunakan. Sebagai contoh penulis menyarankan untuk menghapus aplikasi berbasis cleaner dan booster, sejatinya aplikasi tersebut sangat memakan banyak RAM.

Menghapus cache berbagai aplikasi

menghapus cache aplikasi androidSeiring dengan kita menggunakan aplikasi, maka aplikasi tersebut akan membuat data sisa. Data sisa ini dalam bahasa teknologinya disebut cache. Ukuran cache yang terdapat pada sebuah aplikasi tentu akan memakan kapasitas memori smartphone kita, dan juga akan berakibat pada menurunnya kinerja smartphone.

Untuk menghapus cache pada aplikasi kita bisa melakukannya dengan:

  1. Pergi ke menu setting
  2. Aplikasi
  3. Pilih satu persatu aplikasi
  4. Hapus cache.

Ingat! Hanya ‘hapus cache’ saja yang disarankan oleh penulis, jangan pernah menekan tombol ‘hapus data’. Tombol hapus data ini fungsinya adalah menghapus data aplikasi tersebut, sehingga keadaan apliaksi tersebut akan sama seperti pertama kali kita menginstallnya

Hapus launcher

menghapus aplikasi launcher androidLauncher merupakan kustomisasi tampilan android yang banyak digunakan untuk mempercantik tampilan ponsel. Tahukah Anda, beberapa launcher yang terdapat pada Google Play Stores kebanyakan sangat berat dan memakan banyak RAM pada smartphone android.

Maka tak heran bila setelah memasang launcher smartphone kita semakin melambat kinerjanya. Oleh karena itu hapuslah launcher yang memberatkan smartphone kalian, gunakanlah launcher yang ringan dan tidak terlalu memakan RAM seperti Hola Launcher, dan Solo launcher.

Beberapa tips diatas akan membantu masalah lemotnya smartphone Android kalian. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi kita semua. (Baca juga : Tips dan Cara Menggunakan Deep Freeze)

author
No Response

Comments are closed.