Cara Memilih Kacang Untuk Bumbu Sate dan Pecel

552 views

kacang

Apapun kuliner tradisional yang dipilih rasanya tak akan sempurna tanpa kehadiran bumbu berbahan dasar kacang. Harus diakui makanan Indonesia yang cita rasanya gurih, asin dan agak manis memerlukan bumbu penyerta berbahan dasar kacang. Rasa sate, tahu tek, hingga pecel semuanya menggunakan bumbu berbahan kacang. Di Indonesia sendiri, penggunaan kacang dalam berbagai masakan tradisional sudah berlangsung dari zaman dulu. Pengolahannya sangat beragam dan sajian nya pun beragam pula.

Nah agar anda tidak salah dalam memilih kacang sebagai bumbu dasar masakan asli Indonesia, silakan perhatikan tips-tips berikut ini :

  1. Jangan pilih kacang yang sudah tidak ada kulitnya karena akan lebih cepat proses penuaannya. Jadi belilah kacang yang kemasan kulitnya masih ada.
  2. Kalau anda membeli kacang di pasar-pasar tradisional, carilah pedagang dengan stok kacang yang banyak untuk memastikan kacang yang anda beli masih stok terbaru. Tapi kalau anda membelinya di super market, pastikan untuk mengecek tanggal kadaluwarsanya dulu.
  3. Pastikan kacang yang anda beli kualitasnya masih bagus dengan memilih kacang dalam kondisi tertutup dalam wadah atau kemasan plastik.
  4. Usahakan memilih kacang yang kering dan masih segar.
  5. Pilihlah kacang yang keadaan ari di kulitnya masih halus dan mulus
  6. Hindari memilih kacang yang ada bubuknya, berkutu atau banyak jamurnya
  7. Jangan pilih kacang yang berbau apek, tapi pilihlah kacang yang wangi aromanya

Yang terakhir, setelah membeli kacang, jangan langsung dipakai tapi harus dijemur dulu di bawah sinar terik matahari agar kekeringannya lebih optimal. Sesudah itu, anda bisa mengoven nya atau menyangrainya menjadi bumbu sate atau pecel. Silakan dicoba.

author
No Response

Comments are closed.